berita

Jalan Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa, Jalan Tol Pertama di Pulau Sumatera

Jalan Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa, Jalan Tol Pertama di Pulau Sumatera

Jakarta - Jalan Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa sepanjang 34 Km menjadi jalan tol pertama di Sumatera yang sudah beroperasi sejak tahun 1986. Jalan tol ini merupakan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi untuk pertama kalinya mendukung konektivitas di Pulau Sumatera.

Jalan Tol Bel Belawan – Medan – Tanjung Morawa berada di wilayah Sumatera Utara dan menjadi akses penghubung konektivitas kendaraan mulai dari Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa.

Dibangunnya jalan tol ini menjadi jawaban atas terhubungnya setiap wilayah yang terus dikoneksikan, dan memberikan manfaat efisiensi waktu tempuh perjalanan yang kini menjadi semakin cepat.

Jalan tol ini memberikan dampak positif dalam memangkas biaya logistik agar daya saing produk Indonesia semakin meningkat. Selain itu kehadirannya menjadi akses pendukung aksesibilitas pengembangan perekonomian wilayah di Pulau Sumatera.

Terkait sarana dan prasarana yang ada di Jalan Tol ini memiliki 10 Gerbang Tol, dengan sistem pelayanan Lalu lintas dilakukan melalui pemantauan selama 24 jam melalui cctv maupun melalui kendaraan Layanan Jalan Tol dan Patroli Kepolisian (PJR).

Konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera sendiri dimulai dari Provinsi Lampung dan akan tersambung keseluruhan hingga Provinsi Aceh. Jalan Tol Trans Sumatera saat ini sudah beroperasi sepanjang sepanjang 470 Km. 

Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 140,9 Km, Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Palembang – Indralaya 21,93 Km, Medan – Binjai 13,08 Km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 61,72 Km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km. 

Selanjutnya, untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang tengah dilaksanakan penyelesaian konstruksinya ialah, ruas Kayu Agung – Palembang – Betung sepanjang 111,69 Km, ruas Padang – Sicincin 30,4 Km, Pekanbaru – Dumai 131 Km, Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Porsi BUJT) 143,5 Km, Medan – Binjai 16,7 Km, dan Banda Aceh – Sigli 74 Km.

Untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang ditargetkan menyusul beroperasi pada tahun 2020, yaitu Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung sepanjang 111,69 Km, Jalan Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 Km, Jalan Tol Pekanbaru - Padang (Segmen Padang - Sicincin) sepanjang 30,4 Km, Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi 1 (Tebing Tinggi - Indrapura) sepanjang 20,40 Km, Jalan Tol Medan - Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Helvetia) sepanjang 6,27 Km, dan Banda Aceh - Sigli Seksi 4 (Indrapuri - Blang Bintang) sepanjang 13,5 Km. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait