berita

Penyelenggaraan Internalisasi Core Values dan Employer Branding Para ASN di Lingkungan BPJT Kementerian PUPR

Penyelenggaraan Internalisasi Core Values dan Employer Branding Para ASN di Lingkungan BPJT Kementerian PUPR

Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR menyelenggarakan kegiatan Internalisasi Core Values dan Employer Branding Para ASN di Lingkungan BPJT Kementerian PUPR. 

Hal ini dilaksanakan untuk mencapai nilai keteladanan dan berperilaku nyata dari pimpinan dan individu anggota organisasi yang dibentuk sebagai tunas Integritas/ agen perubahan yang merupakan penggerak utama perubahan sekaligus menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh pegawai di lingkungan organisasinya.

Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi ini bertujuan untuk mengukur potensi, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural serta kompetensi teknis sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan serta bermanfaat untuk penyusunan strategi pengembangan pegawai dan pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan BPJT.

Teknik materi Internalisasi Core Values dan Employer Branding disampaikan oleh Koordinator Layanan Hukum dan Reformasi Birokrasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR, Lia Maulida.

Lia mengatakan dalam internalisasi Core Values dan Employer Branding Para ASN di Lingkungan BPJT Kementerian PUPR ini terdapat beberapa materi yang disampaikan serta mendasari budaya kerja birokrasi dalam mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja birokrasi yang tinggi.

"Seperti materi Penyusunan Regulasi, Sosialisasi, Internalisasi dan Habituasi, Continue Improvement, Perbaikan Komunikasi, hingga Rewarding No Punishment dan mencakup aktivitas Rapid Appraisal Technique yang mencakup aktivitas mengamati, menilai dan mengambil tindakan," ujar Lia.

Dikatakan Lia, pelaksanaan core values ini dimaksudkan kepada ASN di lingkungan BPJT agar memiliki kesamaan dalam menjalankan fungsinya, yaitu memegang teguh nilai-nlai yang sama, orientasi yang sama, melayani masyarakat yang sama memiliki kesamaan jiwa melayani masyarakat, memiliki sumber daya yang cukup untuk melayani masyarakat, serta sama-sama menghadapi permasalahan perubahan yang cepat yang harus diselesaikan secara kolaboratif. 

"Serta bertujuan mendorong ASN tersebut menjadi lebih lincah dan inovatif dalam menjalankan birokrasi, agar birokrasi menjadi dinamis dan cepat mengambil keputusan dalam pemberian pelayanan publik," katanya.

Selanjutnya Sekretaris BPJT Triono Junoasmono yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat BPJT Heni Prasetyawati juga menyampaikan arahannya dalam kegiatan tersebut. Heni menyampaikan, kegiatan Internalisasi dan implementasi core value serta employer branding di lingkungan sekretariat BPJT harus terus dilakukan. 

"Sehingga akan menanam nilai-nilai berakhlak dan budaya kerja kepada seluruh pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik agar berdampak positif untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia," pesan Heni. 

Sebagai informasi, budaya kerja core values BerAKHLAK dapat menjangkau seluruh pegawai di Kementerian PUPR, yang mencakup pada Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, dan Adaptif.

Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik guna mewujudkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang tinggi khususnya di lingkungan BPJT Kementerian PUPR diperkuat melalui penguatan aspek reformasi birokrasi sebagaimana telah tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2021 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2020 – 2024. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait