Slide 1

Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 Kukusan - Cinere, Dukungan Konektivitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabodetabek


13 Januari 2022 |   Umum/Informasi  |   208

Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 Kukusan - Cinere, Dukungan Konektivitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabodetabek Foto : Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 Kukusan - Cinere, Dukungan Konektivitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jabodetabek

Jakarta - Pembangunan infrastruktur bebas hambatan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 (Kukusan - Cinere) sepanjang 5,5 Km terus dilakukan penyelesaiannya. Jalan Tol Cinere - Jagorawi yang akrab dengan sapaan Jalan Tol Cijago dengan total panjang keseluruhan mencapai 14,7 Km ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/Outer Ring Road 2.

Beberapa waktu lalu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit melakukan kunjungan lapangan mengecek progres konstruksi Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 (Kukusan - Cinere). Berdasarkan data monitoring konstruksi BPJT Kementerian PUPR hingga Januari 2022, saat ini progres konstruksi sudah mencapai 24,45%.

Ke-3 Seksi Jalan Tol Cinere – Jagorawi yaitu terdiri dari Seksi 1 Jagorawi – Raya Bogor sepanjang 3,7 Km yang sudah beroperasi sejak tahun 2012, Seksi 2  Raya Bogor - Kukusan sepanjang 5,5 Km yang juga sudah beroperasi sejak tahun 2019. 

Kemudian untuk Seksi 3 Kukusan -  Cinere sepanjang 5,5 Km yang saat ini tengah dilakukan konstruksinya ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

Kehadiran Jalan Cinere – Jagorawi memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas jaringan Jalan Tol JORR 2 yang nantinya akan menyambungkan sisi barat dan sisi timur dari JORR 2. Di sisi timur terdapat Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dan Cibitung – Cilincing, kemudian sisi Barat Cinere – Serpong dan Cengkareng – Kunciran. 

Jalan Tol Cijago juga diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Setelah pembangunan Jalan Tol Cinere – Jagorawi rampung maka akan tersambung sepenuhnya ke-6 ruas jaringan Jalan Tol JORR 2, yang terbagi menjadi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 Km, Jalan Tol Kunciran – Serpong sepanjang 11,14 Km, Jalan Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,14 Km, Jalan Tol Cinere – Jagorawi sepanjang 14,7 Km, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sepanjang 26,18 Km dan Jalan Tol Cibitung – Cilincing sepanjang 34,02 Km.

Pengusahaan Jalan  Tol Cinere – Jagorawi dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Kita Jaya dengan masa konsesi 40 tahun dan dibangun dengan total investasi sebesar Rp. 3,21 Triliun.

Jalan Tol ini memiliki 4 buah Simpang Susun (SS) yakni SS Cisalak, SS Margonda, SS Kukusan dan SS Limo. Kemudian 2 buah Junction (JC) yakni JC Jagorawi dan JC Krukut. (BPJT/Dms)

SHARE: