Slide 1

Mengecek Progres Jalan Tol Pekanbaru – Dumai Seksi 1 - 6


05 Februari 2020 |   Berita/Umum  |   718

Mengecek Progres Jalan Tol Pekanbaru – Dumai Seksi 1 - 6

Jakarta - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengecek secara langsung progres pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 1 – 6 sepanjang 131,5 Km, pada Rabu, (5/2/20). Jalan Tol Pekanbaru–Dumai adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai yang berada di Riau.

Untuk Seksi 1 progresnya sudah mencapai 100%, Seksi 2 ruas Minas - Petapahan (24 Km) progress telah mencapai 85%, Seksi 3 ruas Petapahan-Kandis (16,9 Km) progres telah mencapai sebesar 78%, Seksi 4 ruas Kandis Utara - Duri Selatan (26,25 Km) progresnya telah mencapai 74,5%.

Kemudian Seksi 5 ruas Duri Selatan - Duri Utara (29,4 Km) progresnya telah mencapai 93% dan Seksi 6 ruas Duri Utara - Dumai (25,44 Km) progresnya telah mencapai 85%.  Secara keseluruhan jalan tol ini akan beroperasi dan dinikmati oleh masyarakat pada tahun 2020 akhir mendatang.

Sebelumnya, pada perayaan musim mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 lalu, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai Seksi 1 yang progresnya telah mencapai 100% juga dibuka secara fungsional dengan volume kendaraan yang cukup meningkat.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dapat meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan,  dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.

Jalan tol ini akan teintegrasi dengan konektivitas kawasan dan memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di wilayah Sumatera.

Pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan dibangun perlintasan gajah. Perlintasan atau underpass khusus untuk gajah ini dibangun untuk melindungi gajah agar tetap bebas berkeliaran di habitatnya. Nah nantinya perlintasan yang dibangun akan sesuai dengan habitat alaminya. Akan ada beberapa tumbuhan yang ditanam di perlintasan tersebut agar gajah merasa tidak terganggu saat melintas.

Terdapat 6 perlintasan yang akan dibangun, perlintasan pertama di Sungai Tekuana lokasinya di Seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Kemudian lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4 dekat dengan Suaka margasatwa Balai Raja.

Untuk menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera salah satunya adalah Jalan Tol Pekanbaru – Dumai ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggunakan State Guarantee Model atau penugasan kepada BUMN untuk melakukan proyek pembangunan jalan tol secara menyeluruh dengan dukungan penuh pemerintah. (BPJT/Dms)

SHARE: