Slide 1

Kunjungan Lapangan Kepala BPJT ke Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5


06 November 2020 |   Berita/Umum  |   95

Kunjungan Lapangan Kepala BPJT ke Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5

Balikpapan - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit melaksanakan kunjungan lapangan ke Jalan Tol Balikpapan - Samarinda seksi 1 ruas  Balikpapan – Samboja (22,03 Km) dan seksi 5 ruas Balikpapan - Sepinggan (11,09 Km) dalam rangka memastikan kesiapan penyelesaian konstruksi tahap akhir pada Jum'at (6/11/20).

Kunjungan lapangan Kepala BPJT didampingi oleh S.T.H. Saragi Direktur Utama Jasa Marga Balikpapan Samarinda, Mohammad Sofyan Direktur Bisnis Jasa Marga, Arsal Ismail Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, dan Johannes Mancelly Engineering Planning Group Head Jasa Marga.

Saat ini progres keseluruhan konstruksi Jalan Tol Balikappan - Samarinda Seksi 1 & 5 yang merupakan porsi oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR sudah mencapai sebesar 99,85%.

Nantinya setelah Jalan Tol ini secara keseluruhan sudah tersambung dan beroperasi dari Seksi 1 hingga Seksi 5 akan memiliki manfaat dan peran penting dalam menghubungkan konektivitas yang semakin cepat antar wilayah Balikpapan hingga Samarinda yang berada di wilayah Kalimantan Timur.

Jalan Tol Balikpapan Samarinda dirancang sebagai penghubung ibu kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda dengan sejumlah kota bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Bontang. Selain itu jalan tol ini semakin strategis ketika didukung infrastruktur lainnya menuju Pelabuhan Semayang di Balikpapan dan Pelabuhan Samarinda.

Melalui kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini akan memangkas waktu tempuh hingga 50%, jika menggunakan jalan tol ini akan lebih cepat separuhnya, kalau biasanya 3 sampai 4 jam maka bisa setengahnya saja 1,5 sampai 2 jam.

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda terdiri atas 5 seksi, yaitu seksi 1 ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km), dan seksi 5 ruas Balikpapan - Sepinggan (11,09 Km) adalah Porsi Pemerintah.

Kemudian seksi II ruas Samboja - Muara Jawa (30,98 Km), seksi III ruas Muara Jawa - Palaran (17,50 Km), dan seksi IV ruas Palaran - Samarinda (17,95 Km) porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Balikpapan-Samarinda yang sudah beroperasi sejak Desember 2019 lalu. (BPJT/Dms)

SHARE: