Slide 1

Tindak Lanjut Penanganan Titik Genangan di Beberapa Ruas Jalan Tol


20 Februari 2021 |   Berita/Umum  |   43

Tindak Lanjut Penanganan Titik Genangan di Beberapa Ruas Jalan Tol

Jakarta - Dengan adanya curah hujan dengan intensitas tinggi pada hari Sabtu, 20 Februari 2021, beberapa tindak lanjut yang sedang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam mengatasi titik genangan air di beberapa wilayah yaitu:

Berdasarkan rilis dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada tanggal Tanggal 20 Februari 2021 Pukul 08.00 WIB No. 24/2020 menyampaikan bahwa PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga, diantaranya sebagai berikut:

JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK
Arah Jakarta:
- Km 09B, saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
- Akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede
- Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.
- GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi
- GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi

JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG
Arah Tangerang:
- SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
- Km 24 A, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
    
JALAN TOL JORR: PONDOK RANJI-SERPONG
Arah Serpong:
- KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

JALAN TOL JAGORAWI:
Arah Jakarta:
- Km 3+800, saat ini L3 dan L4 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan pemasangan tanggul dan penanganan dengan pompa.

JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA
Arah Tj Priok:
KM 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.

Sementara itu informasi pada jalan tol lain diantaranya:

JALAN TOL JORR S
PT Hutama Karya juga menyampaikan situasi terkini di Jalan Tol Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dimana hingga pagi ini terpantau terdapat genangan dan longsoran di beberapa titik diantaranya:

1. KM 25+100 s/d KM 26+00, mengalami genangan yang cukup tinggi akibat limpahan dari Arteri yang cukup deras.
2. KM 30 jalur B, saat ini telah ditangani dan mengalami surut.
3. Arteri Lenteng Agung (samping Gerbang Tol Lenteng Agung 2),
4. Arteri off Ramp Fatmawati
5. KM 31+400 A / GT Gedong 1, saat ini sudah mengalami surut.
6. KM 32+000 A, saat ini sudah mengalami surut.
7. Terdapat longsoran lereng KM 30+000

Menindaklanjuti hal tersebut, telah dilakukan penanganan oleh Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dengan menurunkan tim tanggap genangan dan tim rescue yang berada di lokasi.

Selain itu, Hutama Karya juga melakukan evakuasi pengguna jalan yang terjebak di lokasi tersebut dan mengeluarkan kendaraan melalui Gerbang Tol Lenteng Agung 2, Off Ramp Gedong dan Off Ramp Lenteng/Pasar Minggu, sedangkan untuk Jalur A dikeluarkan melalui Gerbang Tol Ampera 1, Gerbang Tol Fatmawati 1 dan Off Ramp Fatmawati.

Tetap berhati-hati #SobatBPJT, jika tidak ada keperluan mendadak agar tetap dirumah saja guna menghindari genangan banjir yang sedang terjadi dibeberapa ruas tol tersebut akibat curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

SHARE: