Slide 1

Terowongan Tol Cisumdawu Terpanjang Pertama di indonesia


08 April 2021 |   Berita/Umum  |   172

Terowongan Tol Cisumdawu Terpanjang Pertama di indonesia

#SobatBPJT - Kali ini kita bahas salah satu terowongan Jalan Tol terpanjang di Indonesia, dan juga merupakan tol pertama yang memiliki terowongan.

Letak terowongan ini ada di Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang berada di wilayah Jawa Barat. Terowongan kembar yang ada di Jalan Tol Cisumdawu ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Terowongan Tol Cisumdawu ini berada di seksi II ruas Rancakalong - Sumedang, yakni di desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Nantinya, keberadaan terowongan tol Cisumdawu ini dapat memberikan aksesibilitas yang optimal bagi provinsi Jawa barat terutama di wilayah Sumedang. Di atas terowongan ini juga nantinya ditambahkan ornamen berupa tumbuh-tumbuhan yang diharapkan memperindah lansekap tiap ruas tol Cisumdawu.

Tol Cisumdawu jika dilihat secara kontur dan secara visual, juga merupakan salah satu tol yang terindah di Indonesia, karena letaknya di sekitar wilayah pegunungan. Ditargetkan penyelesaian Tol Cisumdawu yang terdiri dari 6 Seksi ini dapat rampung sesuai target yakni pada akhir tahun 2021. (BPJT/Dms)

SHARE: