Slide 1

Ruas Tol Trans Sumatera Bertambah, Dilakukan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Ruas Binjai - Langsa


22 Desember 2019 |   Berita/Umum  |   679

Ruas Tol Trans Sumatera Bertambah, Dilakukan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Ruas Binjai - Langsa

Jakarta - BPJT Kementerian PUPR bersama PT Hutama Karya (Persero) telah melaksanakan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Binjai - Langsa sepanjang 130,9 Km. Penandatanganan Dilaksanakan oleh Kepala BPJT Danang Parikesit bersama Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo yang disaksikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pada Jumat (20/12/19).

"Ini adalah salah satu proyek yang dapat dikerjakan oleh APBN. Diharapkan setelah terlaksananya PPJT ini, para pelaksana dapat menjalankan tugasnya dengan nyaman dan cepat. Kita tingkatkan kualitasnya, dan saya harap dapat diselesaikan dan dioperasikan sesuai rencana," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan sambutan PPJT ruas tol Binjai - Langsa, di Jakarta, Jum'at (29/12/19).

Jalan tol yang merupakan bagian dari ruas Trans Sumatera akan melanjutkan ruas tol yang sudah dibangun dan dioperasikan sebelumnya, yaitu ruas Tol Medan-Binjai. Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2023.

Selanjutnya, Kepala BPJT Danang Parikesit menambahkan, PT Hutama Karya terus konsisten dalam meningkatkan kinerjanya, sehingga bisa memenuhi target penyelesaian JTTS sepanjang lebih dari 2700 km pada tahun 2024. "Kami percaya, PT Hutama Karya telah memberikan pelayanan yang baik di ruas tol yang telah beroperasi seperti di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar," ujar Danang.

Kehadiran Tol yang ini akan terhubung dengan Provinsi Sumatra Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam ini dibangun dengan lebar lajur sebesar 3,6 m untuk tiap lajur. Jalan tol ini juga akan terdiri atas 5 Simpang Susun serta dilengkapi dengan 6 Tempat Istirahat Tipe A.

Sementara, Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo juga menyampaikan bahwa selain membuka konektivitas baru, tol ini juga akan membantu lalu lintas dari Binjai dan bahkan medan ke sejumlah wilayah lain di sebelah utara Pulau Sumatera.

"Kami tentu berharap pembangunan dapat selesai tepat waktu dan dapat berdampak pada meningkatnya geliat perekonomian di sekitar tol serta tentunya kemajuan pariwisata. Tol ini juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Medan ke Kota Serambi Makkah " ujar Bintang.

Hingga saat ini, secara keseluruhan total Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi yaitu sepanjang 469 Km terdiri dari ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (140,4 Km), Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (189 Km), Palembang - Indralaya (21,93 Km), Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (62,11 Km), Medan - Binjai (13,2 Km), Belawan - Medan - Tanjung Morawa (42,7 Km). (BPJT/Dms)

SHARE: