Slide 1

Progres Konstruksi Mencapai 45,98%, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang)


10 Juni 2021 |   Berita/Umum  |   132

Progres Konstruksi Mencapai 45,98%, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang)

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang dikelola oleh PT Jasamarga Japek Selatan. 

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar – Sadang) telah mencapai 45,98%, ditargetkan akan rampung pada awal tahun 2022 mendatang. Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 86,82%.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 64 Km yang terdiri dari 3 Seksi, yaitu Seksi 1 Jati Asih menuju Setu (Sta 0+000 - Sta 9+300) sepanjang 9,3 Km, ruas ini masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kab. Bogor. 

Seksi 2 Setu menuju ke Taman Mekar (Sta 9+300 - Sta 34+150) sepanjang 24,85 Km, masuk ke dalam wilayah Kab. Bekasi. Kemudian Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang (Sta 34+150 - Sta 64+000) sepanjang 27,85 Km, masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dari Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi) akan terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Purbaleunyi dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Menyusul seksi 2 akan rampung pada tahun 2022 dan seksi 3 juga rampung tahun 2023 mendatang. 

Saat ini PT JJS juga terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan. Selain itu, PT JJS juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat dipercepat.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta dan memiliki tujuh buah Simpang Susun.

Nantinya, setelah beroperasi penuh, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan investasi sebesar Rp 14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. 

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan melintasi 37 desa dan kelurahan yang berbeda di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, serta Kabupaten Purwakarta. Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini dapat meningkatkan mobilitas serta menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut. (BPJT/Dms)

SHARE: