Slide 1

Penyesuaian Tarif Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo pada 19 Agustus 2021 Pukul 00.00 WIB


18 Agustus 2021 |   Berita/Umum  |   1627

Penyesuaian Tarif Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo pada 19 Agustus 2021 Pukul 00.00 WIB Foto : Penyesuaian Tarif Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo pada 19 Agustus 2021 Pukul 00.00 WIB

Bekasi - Terhitung pada tanggal 19 Agustus 2021 Pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif baru pada ruas Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo. Penyesuaian tarif Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo ini telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 903/KPTS/M/2021. 

Penyesuaian tarif Jalan Tol sudah ditetapkan dalam UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. Pada Pasal 48 ayat 3 disebutkan Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. 

Dengan adanya penyesuaian tarif ini, diharapkan Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Transjawa Paspro Jalan Tol dapat semakin meningkatkan kualitas, keamanan, dan kenyamanan, dan pelayanan bagi pengguna jalan. 

Penetapan dan penyesuaian tarif tol terintegrasi ini telah disetujui setelah tim Kementerian PUPR melakukan audit terhadap Standar Pelayanan Minimum (SPM) secara ketat meliputi kondisi jalan, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas dan keselamatan pengguna. Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo juga memiliki empat buah rest area tipe B yakni masing-masing pada dua di jalur kiri dan kanan. 

Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo sepanjang 31,3 Km yang terdiri dari 3 seksi yakni Seksi I Grati Pasuruan - Tongas (13,5 km), Seksi II Tongas - Probolinggo Barat (6,9 km) dan Seksi III Probolinggo Barat - Probolinggo Timur (10,9 km). Kehadiran tol ini semakin memangkas waktu perjalanan berkendara dari sebelumnya 2,5 jam hanya menjadi 30 menit pada wilayah Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya. 

Dengan semakin cepatnya waktu tempuh melalui salah satu konektivitas bebas hambatan di Jawa Timur ini semakin menjadikan potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta peningkatan sektor pariwisata, pertanian, dan industri yang juga didukung oleh tol tersebut.

Jalan Tol ini mendukung akses ke kawasan wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru. Selain itu juga akan memperlancar akses kegiatan bongkar muat logistik di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. 

Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo merupakan salah satu backbone bagian dari Tol Trans Jawa yang turut mendukung aksesibilitas mobilitas barang, jasa, dan logistik yang juga terkoneksi dengan Kota Surabaya, Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. (BPJT/Dms)

SHARE: