Slide 1

Konstruksi Capai 95,11%, Seksi 1B Jakabaring - Kramasan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung


06 Oktober 2020 |   Berita/Umum  |   145

Konstruksi Capai 95,11%, Seksi 1B Jakabaring - Kramasan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung

Bekasi - Sebagai upaya mendukung kelancaran arus konektivitas bebas hambatan di wilayah Pulau Sumatera tepatnya pada Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung, terus dilakukan penyelesaian konstruksi secara bertahap pada Seksi 1B (Jakabaring - Kramasan) sepanjang 9 Km.

Saat ini untuk progres konstruksi Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung Seksi 1B sudah mencapai 95,11%. Sebelumnya, untuk Seksi 1A Kayu Agung – Palembang (Jakabaring) Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung sepanjang 33,50 km sudah beroperasi tanpa tarif sejak April 2020.

Kehadiran Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang sering dikenal dengan sebutan Kapal Betung merupakan Jalan Tol yang diharapkan kehadirannya oleh masyarakat di Pulau Sumatera khususnya wilayah Sumatera Selatan. Pembangunan Jalan Tol ini ditargetkan akan selesai secara keseluruhan pada tahun 2022 mendatang.

Setelah beroperasinya secara bertahap ruas Jalan Tol Kapal Betung Seksi 1A dan 1B, kelancaran transportasi lalu lintas kendaraan dari Palembang ke Bandar Lampung hanya memakan waktu 3 sampai 3.5 jam saja.

Dengan hadirnya ruas tol Kayu Agung – Jakabaring - Kramasan dapat memangkas waktu tempuh hanya 30-40 menit, dari yang sebelumnya harus melewati waktu tempuh 2 jam melalui Jalan Lintas Timur. 

Kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera yang terbangun cukup panjang, dari Lampung hingga Aceh menjadi jawaban atas terhubungnya setiap wilayah yang terus dikoneksikan dengan daerah yang dahulunya sulit dijangkau melalui jalan bebas hambatan.

Pengerjaan konstruksi Ruas Tol Kayu Agung – Palembang – Betung dilaksanakan sesuai protokol pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan serta Inmen PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi. Kehadiran Jalan Tol ini sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID19 yang nantinya akan terhubung dengan sektor logistik, memangkas waktu perjalanan, serta mendukung kelancaran aksesibilitas barang dan jasa di wilayah tersebut

Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol memiliki total panjang 111,69 Km yang terbagi menjadi Seksi 1A Kayu Agung - Jakabaring sepanjang 33,50 Km, Seksi 1B Jakabaring - Kramasan (Jalintim) sepanjang 9 Km, Seksi 2 Jalintim - Musilindas sepanjang 24,90 Km, dan Seksi 3 Musilindas - Betung sepanjang 44,29 Km. (BPJT/Dms)

SHARE: