Slide 1

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A (Cimanggis – Jatikarya) Resmi Dibuka dan Belum Beroperasi


10 November 2020 |   Berita/Umum  |   254

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A (Cimanggis – Jatikarya) Resmi Dibuka dan Belum Beroperasi

Bekasi - Ditengah pandemi COVID19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya untuk menyelesaikan target  pembangunan ruas-ruas tol baru yang sekaligus sebagai upaya mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pada hari Selasa (10/11/20), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A (Cimanggis – Jatikarya) yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways sudah resmi dibuka untuk dioperasikan dan belum bertarif. Pengoperasian dibuka secara langsung oleh Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit dengan melakukan tapping uang elektronik perdana di gerbang tol Jatikarya 2 yang disaksikan oleh jajaran PT Waskita Toll Road (WTR), serta jajaran Polri & TNI.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung terdiri dari Seksi I (Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 Km yang dimana saat ini Seksi I sudah rampung konstruksinya dan sudah beroperasi secara penuh untuk dinikmati masyarakat. Kemudian Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) sepanjang 23,4 Km yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73%  dan ditargetkan konstruksinya dapat selesai pada tahun 2021 mendatang sehingga Seksi 1 dan Seksi 2 dapat beroperasi sepenuhnya. 

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung memiliki peran penting, dimana tol ini menjadi akses penghubung antara jalan dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi. Jika sebelumnya untuk menuju ke tengah akses jalan Transyogi / Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya dapat memakan waktu lebih dari 30 menit, saat ini dengan dioperasikannya Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi I hanya membutuhkan waktu tempuh yang lebih cepat sekitar 5-10 menit saja.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya) yang sudah dioperasikan saat ini akan semakin memberikan peran penting bagi peningkatan konektivitas yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif sehingga akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi. 

Melalui kehadiran Jalan Tol Cimanggis - Cibitung akan menambah kapasitas jalan dan melengkapi struktur jaringan jalan pada Kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional. 

Kemudian, disaat pandemi COVID19 ini, dengan diresmikannya Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya) dapat semakin meningkatkan dukungan terhadap kelancaran konektivitas barang dan jasa ditengah Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini.

Hadir pada acara tersebut, Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi, Plt. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin, Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono, Kepala Bidang Investasi BPJT Kementerian PUPR Denny Firmansyah.

Kemudian hadir pula Direktur Utama  PT Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto, Direktur Operasi PT Waskita Toll Road (WTR) Mokh. Sadali, Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways Thorry Hendrarto,  Direktur Keuangan PT Cimanggis Cibitung Tollways Fery Purwandi Seno, Direktur Teknik dan Operasi PT Cimanggis Cibitung Tollways Ade Erlangga, Komisaris  PT Cimanggis Cibitung Tollways Gafur Sulistyo Umar. (BPJT/Dms)

SHARE: