Slide 1

Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Bagian Dari Dukungan Pengembangan Konektivitas Kota Bogor


06 September 2020 |   Berita/Umum  |   155

Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Bagian Dari Dukungan Pengembangan Konektivitas Kota Bogor

Jakarta - Sebagai upaya untuk mendukung kelancaran konektivitas kendaraan di Kota Bogor, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terus berkoordinasi dengan PT. Marga Sarana Jabar dalam hal pelaksanaan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A ruas Simpang Yasmin – Kayu Manis sepanjang 3 Km. 

Dengan hadirnya jaringan jalan bebas hambatan seperti BORR Seksi 3A ini, dapat semakin dikembangan dengan akses jaringan jalan lainnya di kota Bogor yang dapat menuju maupun mendukung tempat-tempat lain disekitarnya.

Progres konstruksi Jalan Tol BORR Seksi 3A ruas Simpang Yasmin – Kayu Manis saat ini telah mencapai 99,78%, dan ditargetkan akan beroperasi penuh pada akhir tahun 2020 mendatang. Jalan Tol Bogor Ring Road yang dikelola oleh PT. Marga Sarana Jabar mempunyai total keseluruhan sepanjang 11,45 Km dan terbagi menjadi 3 seksi.

Jalan Tol BORR Seksi 3A ruas Simpang Yasmin – Kayu Manis akan terhubung dengan Seksi1 Sentul Selatan – Kedung Halang yang telah dioperasikan pada tahun 2009 lalu, kemudian terhubung dengan Seksi 2A Kedung Halang – Kedung Badak yang juga telah diresmikan pada tahun 2014 dan Seksi IIB Kedung Badak – Simpang Yasmin yang telah diresmikan tahun 2018 lalu dengan panjang Seksi I dan II yaitu 8,45 Km. 

Pada tanggal 15 Juni 2020 hingga 18 Juni 2020 lalu telah dilaksanakan uji beban (loading test) jembatan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA sehingga pelaksanaan ini dilakukan sebagai upata untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan Tol yang aman bagi masyarakat untuk dilalui kendaraan setelah beroperasi.

Kehadiran Jalan bebas hambatan yang ada di Kota Bogor ini diharapkan dapat menjadi akses pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Selain itu menjadiin akses pendukung kegiatan industri dan logistik yang semakin memberikan peningkatan di sektor perekonomian daerah setempat.

Selanjutnya, setelah beroperasinya Jalan Tol BORR secara keseluruhan, diharapkan dapat mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di Kota Bogor, terutama yang berada di Jalan Sholeh Iskandar. (BPJT/Dms)
 

SHARE: