berita

Dukung Perayaan Arus Mudik Nataru, Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated Menjadi Pilihan Tepat Menuju Kampung Halaman

Dukung Perayaan Arus Mudik Nataru, Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated Menjadi Pilihan Tepat Menuju Kampung Halaman

Jakarta - Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terus memastikan kelancaran dan kenyamanan berkendara arus lalu lintas kendaraan para pemudik pengguna Jalan Tol selama perayaan libur Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Seperti halnya, berdasarkan pantauan arus lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated, selama tiga hari berjalan pada puncak arus mudik pada 20-23 Desember 2019 kondisinya terpantau ramai lancar oleh para pemudik yang melintas tol layang tersebut.

Dengan memisahkan pola pergerakan lalu lintas jarak pendek (commuter), yang dilayani oleh Jalan Tol Jakarta - Cikampek existing, kemudian pada pergerakan lalu lintas jarak jauh dilayani oleh Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated yang baru saja diresmikan, terbukti efektif dalam membantu pelayanan arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Peningkatan volume lalu lintas Jalan Tol Jakarta - Cikampek pada periode mudik Natal tahun 2019 ini berhasil didistribusikan ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated yaitu sebanyak 33% dari total kendaraan tersebut memilih untuk menggunakan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menjelaskan, kehadiran Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated yang telah dirancang dan didesain untuk berkendara jarak jauh, memberikan sebuah manfaat penting dalam pendistribusian volume kendaraan yang semakin meningkat.  “Untuk para pengguna jalan tol yang menuju wilayah Bekasi dan sekitarnya, agar menggunakan Jalan tol Jakarta – Cikampek existing (bagian bawah), sedangkan pengguna jalan tol yang akan menempuh perjalanan jauh antar kota menuju jalan tol Trans Jawa mulai dari Cikampek, Cirebon, Bandung, Semarang hingga Surabaya dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated,” kata Kepala BPJT Danang Parikesit.

Dikatakan Danang, sebelum melewati Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated, pengemudi juga harus memperhatikan mesin Varriable Message System (VMS) lalu lintas kendaraan jalan tol yang telah dipasang, agar menjadi suatu pilihan terhadap informasi kapasitas kepadatan kendaraan yang berada di atas tol layang tersebut.

“Dihimbau kepada para pengendara, agar kendaraan yang prima dan pengemudi yang bugar lah yang seyogyanya dapat memanfaatkan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated. Hal ini menjadi langkah antisipatif dalam mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan kendaraan di jalan tol layang tersebut,”.

Berdasarkan data hasil pantauan lalu lintas puncak arus mudik kendaraan 3 hari (20-23 Desember 2019) menjelang perayaan Natal 2019, tercatat total sebanyak 358 ribu kendaraan melewati Jalan Tol Jakarta – Cikampek Existing dan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated. Sebanyak 117 ribu kendaraan atau 33% dari total kendaraan tersebut memilih untuk menggunakan Jalan Tol Japek II Elevated. Diharapkan, pada puncak perayaan arus mudik Tahun Baru 2020 mendatang, lalu lintas kendaraan dapat semakin lebih lancar.

Perlu diingat, sebelum melintasi tol layang ini, para pengendara harus benar-benar memperhatikan kesiapan berkendara mulai dari kondisi kendaraan yang digunakan, kecukupan bahan bakar kendaraan dan saldo kartu elektronik, hingga kesiapan diri dalam kondisi yang sehat untuk tujuan jarak jauh baik menuju kampung halaman maupun berlibur menikmati libur panjang di akhir tahun.

Danang menambahkan, pada ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated di km 48+100 adanya antrean pertemuan antara arus kendaraan dari Jakarta – Cikampek II Elevated diatas dengan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dibawahnya. PT Jasa Marga (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri guna pemberlakuan rekayasa lalu lintas contraflow Km 47 s.d Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur.

“Pengendara Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated diharapkan agar lebih berhati-hati dengan tetap mematuhi peraturan berkendara sesuai kecepatan maksimal yang telah ditentukan yaitu 80 Km/jam, guna mengantisipasi adanya titik temu kendaraan dari sisi atas dengan kendaraan di bawah” tambah Danang.

Pendapat #SobatBPJT dan Kesiapan Fasilitas Tol Jakarta – Cikampek II Elevated

Adhitya Zulton sebagai salah satu pengendara mobil yang melintas dari Tangerang ingin menuju kampung halamannya di Tegal – Jawa Tengah saat diwawancarai oleh Tim BPJT Kementerian PUPR mengatakan, setelah dibangunnya  Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated, terbukti memangkas waktu perjalanan yang menjadi semakin lancar. “Sebelumnya, yang biasanya perjalanan dari Tangerang ke Tegal tersendat di Jalan Tol Cikampek bisa 1-2 jam lamanya, namun Alhamdulillah saat ini perjalanan lebih lancar yaitu hanya menjadi 45 menit perjalanan setelah melintasi tol layang Jakarta – Cikampek II ini,” kata Adhitya Zulton.

Adhitya menambahkan, karena kondisi jalan tol ini masih baru dibuka untuk dilintasi masyarakat, terdapat kondisi jalan yang bergelombang. Selebihnya tidak ditemukan masalah saat melintasi tol ini, bahkan menurutnya sangat membantu.

“Terima kasih untuk Pemerintah atas dibangunnya Jalan Tol ini khususnya pada Pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastrukturnya sangat luar biasa, mulai dari Tol Jakarta – Cikampek II Elevated, dan Tol Trans Jawa ini sangat membantu perjalanan yang semakin lebih cepat, mantap…,” ujarnya

Sebagai upaya optimalisasi pelayanan, BPJT Kementerian PUPR berkoordinasi dengan PT Jasa Marga (Persero) berupaya dalam memberikan pelayanan prima pada Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated. Salah satunya yaitu telah disiapkan layanan derek tambahan yang sebelumnya 4 unit telah ditambah menjadi 6 unit, selanjutnya telah disiapkan layanan pengisian BBM dan Air Radiator darurat yang tersedia di Mobile Customer Service (Layanan Jalan Tol) Jasa Marga. Kemudian telah tersedia layanan Call Center Pertamina dengan salah satu layanan Delivery Service di nomor telepon 135.

Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated telah dioperasikan untuk umum bagi kendaraan Golongan I (non-bus dan non-truk) dan belum diberlakukan tarifnya (Gratis) hingga batas waktu yang ditentukan guna mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan pada perayaan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mendatang. Terdapat rest area terdekat yang berada di Km 50 (arah Jakarta menuju Cikampek) dan rest area di Km 6 (Dari Cikampek menuju arah Cawang). Selalu berhati-hati di jalan, Patuhi aturan berlalu lintas saat berkendara dan sesuai arahan petugas di lapangan, Utamakan Keselamatan bukan Kecepatan. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait