berita

Diresmikan Presiden Jokowi, 2 Ruas Tol JORR 2 Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran dan Tol Serpong Cinere Seksi I

Diresmikan Presiden Jokowi, 2 Ruas Tol JORR 2 Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran dan Tol Serpong Cinere Seksi I

Tangerang Selatan - Hari ini, pada Kamis (1/4/21), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 Km.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Tol Serpong - Cinere Seksi 1, dan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran pagi hari ini," ujar Presiden Jokowi. Peresmian ditandai dengan tap kartu Elektronik dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol ini dinantikan masyarakat terutama di Tangerang dan Tangerang Selatan, sebagai alternatif masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno - Hatta. Kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

"Setelah beroperasinya dua ruas jalan tol ini akan mengurai kemacetan lalu lintas di kota Jakarta, sekaligus sebagai sarana mobilitas komuter di kawasan sekitar Jakarta, serta memperlancar pendistribusian barang yang dilintasi oleh tol ini untuk menghemat waktu tempuh," ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengharapkan, setelah dibukanya jalan tol ini juga dapat meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan perkenomian kawasan sekitar, dan mempercepat pertumbuhan kawasan ekonomi, kemudian menjadikan infrastruktur ini sebagai sebuah keunggulan untuk menarik investasi dan banyak usaha baru sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Ditambahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dengan kehadiran ruas tol JORR 1 dan JORR 2 akan menjadi suatu alternatif untuk memecah trafik dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa masuk Kota jadi masuk ke jalan-jalan lingkar.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit juga mengatakan, target penyelesaian seluruh ruas Jalan Tol JORR 2 paling lambat akan rampung pada awal tahun 2022. "Saya ucapkan kepada masyarakat selamat menikmati ruas tol yang baru beroperas ini," ujar Danang. 

Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 Km terbagi menjadi Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang (6,5 Km), Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC (3,64 Km).

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km yang merupakan bagian dari ruas tol JORR 2 terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Hadir mendampingi Menteri Basuki dalam peresmian tersebut, yakni Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten Wida Nurfaida. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait