Page 114 - Buku BPJT 2020
P. 114
Perencanaan dan Implementasi Koordinasi Instansi dan Kebutuhannya
Multi-lane Free Flow (MLFF) (Coordination of Agencies and Needs)
1 Penerapan transaksi non tunai ATI Sosialisasi dan pembahasan lanjutan.
merupakan tahap awal menuju
MLFF. Penerapan transaksi
nontunai di jalan tol merupakan MoU untuk sistem keamanan dari pengguna data publik, audit
modernisasi sistem pembayaran Badan Siber & keamanan pada sistem yang dikembangkan dan pembahasan
tol untuk meningkatkan kecepatan Sandi Negara detail akan dilakukan di Kuartal 1 Tahun 2021.
dan efisiensi transaksi di jalan tol.
Perizinan penyelenggaraan sistem elektronik,
Sistem transaksi pembayaran non
2 tunai pada jalan tol merupakan Kemenkominfo termasuk sertifikasi alat.
bagian dari Gerakan Nasional
Non-Tunai yang disepakati Bank Bank Terkait perizinan penyelenggaraan sistem pembayaran, detail proses BADAN PENGATUR JALAN TOL
Indonesia bersama Kementerian Indonesia keuangan dan interoperabilitas dengan sistem ERP Jakarta serta
PUPR pada 31 Mei 2017. pembahasan detail antara BUP dan BI.
3 Dalam program penerapan PemProv DKI Interoperabilitas sistem ERP.
transaksi nirsentuh (MLFF), BPJT
telah mengadakan prakualifikasi
pelelangan sistem transaksi
nontunai berbasis MLFF pada Juli Kemenkeu Pembentukan BLU.
2020. Melalui teknologi MLFF,
pengguna tol tidak perlu lagi Pengembangan sistem dan mekanisme enforcement,
berhenti di gerbang tol apalagi Kepolisian MoU terkait penyelenggaraan MLFF serta regulasi yang diperlukan
mengantre saat melakukan RI Kepolisian dalam pembahasan internal.
pembayaran.
4 BPJT telah memetakan beberapa
lain,
permasalahan
antara
penentuan skema pengusahaan,
aspek legalitas, pencegahan dan
penindakan pelanggaran, pemilihan
teknologi front end, penyusunan
peta jalan secara detail, perizinan,
registrasi pengguna jalan tol, hingga
basis data identitas tunggal.
1 Pengembangan 2 Pengenalan 3 MLFF 4 MLFF
Sistem
GNSS
50%
50%
± 390 hari sejak
tanda tangan PK ± 132 hari
Pada tahap ini BUP Pada tahap ini dimulai Tahap penerapan pertama adalah SLFF tanpa Dilaksanakan saat BADAN PENGATUR JALAN TOL
akan memulai sosialisasi teknologi barrier, karena teknologi yang digunakan pencapaian registasi
pembangunan sistem GNSS untuk masuk ke tanpa peralihan teknologi. Sekitar 50% dari mendekati 100%.
beserta perangkat jalan tol, termasuk di total gardu pada gerbang akan digunakan Pada tahap ini seluruh
pendukungnya, dalamnya registrasi, untuk MLFF, sedangkan 50% digunakan untuk gerbang tol akan
termasuk gantry testing sistem dan pengguna yang melakukan pembayaran dibongkar.
untuk enforcement. enforcement. saperti saat ini. Perkiraan LIVE Januari 2022
114 | Transformasi Jalan Tol, Merajut Nusantara (Toll Road Transformation, Connecting The Nation)