berita

Tempo Dulu, Sejak 1987 Teknologi Seribu Pundak "Sosrobahu" pada Pembangunan Tol Wiyoto Wiyono

Tempo Dulu, Sejak 1987 Teknologi Seribu Pundak

Bekasi - Pembangunan tol layang Ir. Wiyoto Wiyono yang menghubungkan Cawang - Tanjung Priok - Ancol Timur - Jembatan Tiga/Pluit sepanjang 30,68 km dimulai sejak tahun 1987 silam yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Marga Nusaphala Persada.

Tindakan pioneering ini dimulai pada 30 Juni 1987 dengan melakukan konstruksi tiang pertama menggunakan teknologi Sosrobahu (seribu pundak) pada proyek  silam terlebih dahulu atau dikenal dengan North South Link.

Dalam pembangunan proyek jalan tol ruas Cawang - Tanjung Priok, terdapat 85 pier head yang harus diputar dengan metode Sosrobahu tersebut.

Kemudian dilanjutkan pembangunan Tol Harbour Road yang dilaksanakan konstruksinya dalam dua tahap. Pertama ruas Tanjung Priok - Ancol Timur sepanjang 4,80 Km pada tahun 1993 - 1995. 

Lalu ruas Ancol Timur - Jembatan Tiga sepanjang 9,13 Km pada tahun 1994 - 1996. Pada pembangunan Tol Harbour Road juga menggunakan metode Sosrobahu.

Teknologi Sosrobahu (seribu pundak) sendiri telah ditemukan oleh Ir. Tjokorda Raka Sukowati yang merupakan insinyur muda asal Indonesia, yang dimana metode ini digunakan agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas dibawahnya ketika kegiatan konstruksi sedang berlangsung pada jam padat. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait