Slide 1

Selamat!! Jalan Tol Layang A.P. Pettarani di Makassar Meraih Penghargaan Internasional


20 September 2021 |   Berita/Umum  |   255

Selamat!! Jalan Tol Layang A.P. Pettarani di Makassar Meraih Penghargaan Internasional Foto : Selamat!! Jalan Tol Layang A.P. Pettarani di Makassar Meraih Penghargaan Internasional

Bekasi - Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani yang ada di Kota Makassar - Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan internasional "2nd Mino Best Project Award" untuk kategori jalan dengan volume tinggi (high-volume road category).

Acara penghargaan tersebut dilaksanakan beberapa waktu lalu secara virtual oleh Road Engineering for Asia dan Australasia (REAAA) di Manila pada 13 - 15 September 2021.

Penghargaan yang diberikan tertuju pada keunikan selama pelaksanaan konstruksi Jalan Tol Layang AP Pettarani dengan menerapkan konsep design and build (rancang dan bangun) sekaligus penggunaan teknologi mutakhir bidang konstruksi.

Uniknya, selain itu juga dilakukan inovasi perencanaan dan pelaksanaan  yang baru diterapkan pertama kali di Indonesia. Seperti halnya, penggunaan Aluma System untuk pekerjaan pier-head dan pekerjaan utama superstruktur yang menggunakan erection box girder span by span dengan balance launching gantry.

Selanjutnya, juga telah dilakukan pemasangan teknologi mutakhir berupa Structural Health Monitoring System (SHMS) di Jalan Tol A.P Pettarani sehingga teknologi ini memberikan peran penting untuk mengetahui kondisi struktur dari tol layang.

Selain pada konstruksi, juga terdapat unsur lingkungan yang juga penting diterapkan dalam pembangunan Tol Layang A.P. Pettarani yakni telah diterapkaknnya konsep green infrastructure dengan mengedepankan unsur keselamatan dan keamanan hingga tercapai zero fatal accident.

Diberikannya penghargaan internasional pada Jalan Tol layang A.P Pettarani, selain memberikan peran penting dalam peningkatan perekonomian di Kota Makassar dan sekitarnya, namun juga berdampak positif bagi lingkungan.

Jalan Tol layang Andi Pangeran (A.P) Pettarani yang merupakan salah satu Tol layang di Indonesia Timur ini juga menjadi icon terbaru yang menghiasi Kota Makassar. 

Jalan Tol layang A.P Pettarami yang pelaksanaan konstruksinya tidak terkendala pembebasan lahan ini, juga memberikan kemudahan mobilitasi, mengurai kemacetan, pendistribusian barang dan logistik, sekaligus mengoptimalkan fungsi jalan tol di Kota Makassar yang menghubungkan titik perekonomian, akses menuju bandar udara, Pelabuhan, Kawasan industri hingga perkantoran.

Kita semua patut bangga atas penghargaan berskala internasional yang diberikan untuk Jalan Tol layang A.P Pettarani. Kami ucapkan selamat atas pencapaiannya dan SETUJU untuk Selamat Sampai Tujuan. (BPJT/Dms)

SHARE: