berita

Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di 5 Pulau di Indonesia

Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di 5 Pulau di Indonesia

Bekasi – Pembangunan infrastruktur Jalan Tol yang ada di setiap wilayah akan membuka banyak akses baru sehingga semakin mempermudah akses yang sudah ada untuk menjangkau wilayah yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Kemudahan akses tersebut nantinya dapat meningkatkan aktivitas ekonomi dan pariwisata di suatu wilayah, hingga membuka banyak peluang usaha maupun lapangan kerja bagi masyarakat.

Jalan Tol yang pertama kali beroperasi di beberapa pulau di Indonesia dimulai dari Pulau Jawa , yakni beroperasinya Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi atau yang dikenal Jalan Tol Jagorawi sepanjang 59 Km sejak tahun 1978 dan sampai saat ini, merupakan Jalan Tol pertama di Indonesia, Jalan Tol tertua, dan yang pertama di Pulau Jawa.

Dilanjutkan Jalan Tol pertama yang beroperasi di Pulau Sumatera terdapat Jalan Tol Belawan - Medan - Tj Morawa (Belmera) sepanjang 34 Km beroperasi sejak tahun 1986 dan menjadi akses penghubung konektivitas kendaraan mulai dari Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa.

Kemudian di Pulau Bali terdapat Jalan Tol Bali - Mandara sepanjang 12,7 Km merupakan Jalan Tol pertama yang sudah beroperasi sejak tahun 2013. Menjadi Jalan Tol atas laut pertama di Indonesia dan salah satu Jalan Tol atas air terpanjang di dunia dan bisa dilintasi oleh sepeda motor loh. Belum lama menjadi saksi sejarah dilintasi para pemimpin negara saat perhelatan G20 kemarin ????

Selanjutnya di Pulau Kalimantan terdapat Jalan Tol Balipapan - Samarinda merupakan Jalan Tol pertama di Pulau Kalimantan dengan total panjang 99,35 Km dan sudah beroperasi sejak tahun 2019 lalu. Jalan Tol ini mendukung kecepatan dan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang dan memperlancar konektivitas 2 pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, yaitu Kota Samarinda dengan Kota Balikpapan yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis, dan mendukung akses menuju Ibu Kota Negara (IKN).

Di Pulau Sulawesi terdapat Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan 2 telah beroperasi sejak tahun 1998 sepanjang 6,6 Km yang menghubungkan kawasan Pelabuhan dan Kawasan Komersial Panakkukang yang berada di Kota Makassar. Jalan Tol ini menjadi tol pertama di Indonesia Timur dan menjadi akses pendukung pendistribusian barang, maupun logistik di wilayah timur. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait