Slide 1

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu, Pangkas Waktu Perjalanan 1 - 2 Jam Saja dari Lubuk Linggau ke Bengkulu


07 Juli 2021 |   Berita/Umum  |   223

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu, Pangkas Waktu Perjalanan 1 - 2 Jam Saja dari Lubuk Linggau ke Bengkulu

Bekasi - Pemerintah melalui BPJT Kementerian PUPR terus meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera. Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 Km merupakan bagian dari konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera. 

Dibangunnya Jalan Tol ini bertujuan untuk mendukung sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Lubuk Linggau serta Provinsi Bengkulu dan sekitarnya. Setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu.

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu terbagi menjadi 3 Seksi, yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km), Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km), dan Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Km).

Saat ini progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu ruas Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 Km telah mencapai 84,62%. Ditargetkan akhir tahun 2021 akan selesai konstruksinya dan selanjutnya dapat dioperasikan.

Keberadaan tol ini terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai serta menunjang konektivitas pariwisata di Bumi Raflesia.

Uniknya, ruas tol ini akan dilengkapi dengan terowongan sepanjang 7 Km menembus bukit barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter. Selain itu juga terdapat jembatan bentang panjang yang membentang diatas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90 meter.

Melalui kehadiran Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu bertujuan memangkas biaya logistik dan mempercepat waktu tempuh berkendara agar daya saing produk Indonesia agar semakin meningkat.

Hingga saat ini Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi sepanjang 673 Km yang terdiri dari 9 ruas tol. Ke-9 ruas tol tersebut yakni :

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 140 Km
2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km
3. Kayu Agung - Palembang - Betung 38 Km
4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km
5. Medan - Binjai 17 Km
6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km
7. Palembang - Indralaya 22 Km
8. Sigli - Banda Aceh Seksi 3-4 30 Km
9. Pekanbaru - Dumai 132 Km. (BPJT/Dms)

SHARE: