berita

Fungsional Akses Darangdan Menuju Purwakarta dan Bandung Barat

Fungsional Akses Darangdan Menuju Purwakarta dan Bandung Barat

Purwakarta - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pada Sabtu, 24 Desember 2022 lalu mengecek langsung pengoperasian fungsional akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purawakarta, yang terletak di Km 99 Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) arah Bandung yang sudah beroperasi sejak 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 nanti.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan dengan dibukanya akses Tol Darangdan di Km 99 Jalan Tol Cipularang arah Bandung tersebut berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas arus mudik, terutama yang menuju arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat dan mendukung kegiatan ekonomi masyarakat maupun wisata disekitarnya.

Akses ini hanya bisa menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat, sedangkan untuk sebaliknya atau menuju arah Jakarta dari akses tersebut maka pengguna jalan harus menggunakan jalan nasional sekitar +/- 20 Km untuk kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di Km 83.

Bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) maka akan dikenakan tarif Rp13.500, dari GT Sadang (Km 76) dikenakan tarif Rp 6.000, sedangkan dari GT Jatiluhur (Km 83) tidak dikenakan tarif.

PT Jasa Marga selaku Badan usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan 3 gardu transaksi khusus golongan 1 non bus dan non truk serta petugas layanan transaksi dan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol. (BPJT/Dms)
 

Share Berita Ini

Berita Terkait