berita

Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang Tingkatkan Perekonomian di Kabupaten Kampar & Provinsi Riau

Diresmikan Presiden Jokowi,  Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang Tingkatkan Perekonomian di Kabupaten Kampar & Provinsi Riau

Bangkinang - Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 30,9 Km pada Rabu, 4 Januari 2023, ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti tertanda diresmikannya Jalan Tol tersebut yang merupakan bagian dari ruas Pekanbaru - Padang.

Turut hadir juga mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Gubernur Riau Syamsuar, Anggota Komisi V DPR RI Effendi Sianipar, dan Pj Bupati Kampar Kamsol.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada siang hari ini saya resmikan Jalan Tol ruas Pekanbaru - Padang Seksi Pekanbaru - Bangkinang di Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau," ujar Presiden Jokowi.

Dikatakan Presiden Jokowi, Jalan Tol ini merupakan Jalan Tol kedua yang dibangun setelah Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang terlebih dahulu sudah beroperasi dengan kondisi traffic kendaraan yang sudah sangat bagus diatas 7.507 kendaraan.

"Sehingga nantinya Jalan Tol ini akan disambungkan dengan lingkar Pekanbaru yakni dari arah Dumai, Pekanbaru dan Bangkinang akan tersambung ke arah Padang," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berpesan, dengan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang sudah beroperasi saat ini kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin lebih baik. "Sehingga akan semakin menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau dan menumbukan sentra ekonomi baru yang pada akhirnya akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," ujarnya.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat yang juga memangkas waktu tempuh dari sebelumnya satu setengah jam menjadi 30 menit perjalanan.

"Sebelumnya Pekanbaru - Bangkinang 1,5 jam, tadi saya cek sendiri 23 menit. Dengan adanya kecepatan waktu tempuh melalui Jalan Tol ini sehingga dapat meningkatkan daya saing, produktivitas di Kabupaten Kampar dan sekitarnya" tukas Presiden Jokowi.

Ditambahkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Jalan tol ini juga sebagai konektivitas pendukung dalam mendorong pertumbuhan investasi perkebunan, pertambangan dan industri tuna di Kabupaten Kampar, hingga mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang dengan total panjang 40 Km terdiri dari 2 seksi dibangun dengan nilai investasi Rp. 4,8 Triliun, yakni Seksi 1 Pekanbaru - Sungai Pinang sepanjang 9,11 km (1,5 km telah terbangun, dengan target penyelesaian 2023) dan Seksi 2 Sungai Pinang - Bangkinang sepanjang 30,9 Km yang diresmikan hari ini.

Saat ini juga tengah dikerjakan ruas Tol Bangkinang - Pangkalan Tahap I dari SS Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km untuk melanjutkan ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang. Progres konstruksinya sudah 73,1% dengan lahan bebas 59,7% dan ditargetkan selesai Desember 2023.

Ruas tol ini sudah dibuka dan diberlakukan tarifnya pada 25 Desember 2022 lalu guna mendukung kelancaran lalu lintas libur mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Tercatat rata-rata harian lalu lintas kendaraan yang lewat mencapai 7.507 kendaraan per harinya. (BPJT/Gery/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait