Slide 1

Diresmikan Langsung Oleh Presiden Jokowi, Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 1 Ruas Serang - Rangkasbitung


16 November 2021 |   Berita/Umum  |   222

Diresmikan Langsung Oleh Presiden Jokowi, Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 1 Ruas Serang - Rangkasbitung Foto : Diresmikan Langsung Oleh Presiden Jokowi, Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 1 Ruas Serang - Rangkasbitung

Banten - Pagi hari ini Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 1 (Ruas Serang-Rangkasbitung) di Serang, Banten pada Selasa, (16/11/21).

Jalan Tol Serang–Panimbang (Serpan) Seksi I yang membentang sepanjang 26,5 kilometer akan meningkatkan daya saing ekonomi Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

"Alhamdulillah, ruas Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Kemudian akan dilanjutkan dengan Seksi II, yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km, dan juga Cileles-Panimbang sepanjang 33 km, yang akan dituntaskan pada akhir 2023 akan selesai,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan ketersediaan infrastruktur akan memperbaiki jaringan logistik dan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Itulah yang kita kejar. Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan lebih murah.

“Saya yakin ini akan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten, terutama di sekitar jalan tol, yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” tutup Presiden Jokowi.

Ruas Tol Serang – Panimbang sepanjang 83,67 Km ini terdiri dari tiga Seksi. Seksi 1 sepanjang 26,5 Km menghubungkan Serang – Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 Km menghubungkan Rangkasbitung – Cileles dan Seksi 3 sepanjang 33 Km menghubungkan Cileles – Panimbang.

Kelanjutan pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu komitmen dalam peningkatan konektivitas antar wilayah dan pemenuhan kebutuhan Jalan Tol khususnya Jalan Tol Provinsi Banten yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebagai informasi, pengusahaan Jalan Tol Serang - Panimbang dilaksanakan oleh PT WIKA Serang Panimbang yang menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Serang – Panimbang pada 22 Februari 2017 dengan biaya investasi sebesar Rp 8,58 Triliun untuk porsi BUJT (Serang - Cileles) sepanjang 50,67 Km dan Pemerintah turut andil memberikan dukungan pada ruas Cililes - Panimbang sepanjang 33 Km.

Hadir pula mendampingi Presiden Jokowi pada peresmian tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya S, Gubernur Banten Wahidin Halim, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten Wida Nurfaida, Direktur Utama PT Wijaya Karya Agung Budi Waskito, Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Novel Arsjad. (BPJT/Gery-Dms)

SHARE: