berita

Dahulu Hingga 12 Jam Perjalanan, Kini Mudik Lampung - Palembang Cukup 3,5-4 Jam Via Tol Trans Sumatera

Dahulu Hingga 12 Jam Perjalanan, Kini Mudik Lampung - Palembang Cukup 3,5-4 Jam Via Tol Trans Sumatera

Bekasi - Masyarakat pengguna Jalan Tol memanfaatkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk merayakan momentum mudik lebaran ke berbagai wilayah yang ditempuh mulai dari Lampung hingga ke Palembang serta beberapa wilayah lainnya di Pulau Sumatera dengan menggunakan Jalan Tol yang sudah beroperasi maupun di fungsionalkan hanya untuk dukungan kelancaran lalu lintas lebaran.

Sebelum adanya Jalan Tol ketika masyarakat ingin melakukan perjalanan dari Lampung ke Palembang butuh waktu 12 Jam lamanya di perjalanan menggunakan jalan lintas sumatera. 

Namun saat ini perjalanan dari Lampung hingga Palembang hanya ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja sehingga dapat membantu pemudik dengan mudah dan semakin cepat menuju kampung halaman ke Palembang dan sekitarnya.

"Kehadiran Jalan Tol ini tentunya sangat bermanfaat apalagi di masa seperti mudik Lebaran ini. Dengan adanya JTTS perjalanan menuju lokasi dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya dapat semakin cepat juga menghemat waktu dibandingkan dengan melewati jalan arteri," ujar salah seorang pemudik yang melintas di Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar.

Dari Lampung kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, kemudian menyambung ke ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km, dilanjutkan ke ruas Kayu Agung - Kramasan sepanjang 42,5 Km di Palembang. 

Dengan demikian Provinsi Lampung semakin terkoneksi dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan dan semakin menghemat waktu tempuh hingga 75%. Efisiensi tersebut semakin memberikan kontribusi efisiensi waktu di perjalanan perjalanan dan bahan bakar kendaraan yang digunakan.

Hingga saat ini, 691 Km ruas Jalan Tol di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi, dan 481 Km sedang dalam tahap konstruksi. Saat ini juga terdapat dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang di fungsionalkan untuk melayani arus mudik lebaran yakni Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km) dan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km) yang diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau Golongan I.

Sepanjang ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan Jalur B, dan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan B, serta tambahan toilet sementara sebanyak 50 toilet. (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait