Slide 1

Building Information Modelling (BIM), Platform Digital 3D Dalam Pembangunan Jalan Tol di Indonesia


08 Februari 2021 |   Berita/Umum  |   86

Building Information Modelling (BIM), Platform Digital 3D Dalam Pembangunan Jalan Tol di Indonesia

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah mengembangkan platform digital berbasis tiga dimensi (3D) dalam pelaksanaan pembangunan Jalan Tol di Indonesia yang bernama Building Information Modeling (BIM).

"Platform digital BIM dalam bentuk aplikasi ini dapat menghindari adanya kesalahan atau ketidaksesuaian antara perancangan dan proyek yang dibangun. Sehingga aplikasi ini mempermudah para pekerja profesional dalam proyek pembangunan Jalan Tol untuk mengetahui gambaran utuh desain 3D sebelum proyek dikerjakan," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit, di Jakarta.

Building Information Modeling (BIM) memiliki peran penting dalam mempermudah pekerja profesional seperti arsitek, teknik, dan konstruksi saat melakukan perancangan sebuah bangunan infrastruktur. 

Danang menambahkan, melalui platform ini proses desain dan konstruksi akan semakin lebih ramping dan transparan dan waktu pelaksanaan akan lebih cepat.

"Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proyek pembangunan infrastruktur khususnya Jalan Tol," ujar Danang.

BPJT Kementerian PUPR juga akan melakukan kolaborasi bersama stakeholder konstruksi dalam pengembangan platform digital ini. Aplikasi BIM sudah diterapkan pada proyek pembangunan Jalan Tol seperti Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, dan Jalan Tol Semarang-Demak. 

Pengembangan platform digital ini merupakan salah satu upaya BPJT dalam melakukan inovasi guna menghasilkan pelaksanaan pembangunan hingga pengelolaan infrastruktur jalan tol yang berkualitas.

Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) menjadi pedoman BPJT dalam pelaksanaan target pembangunan jalan tol berkelanjutan yang mengacu pada Toll Road Technology 4.0. (BPJT/Dms)
 

SHARE: