berita

6 Terowongan Perlintasan Gajah di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 4

6 Terowongan Perlintasan Gajah di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 4

Jakarta - Sebagai upaya melindungi habitat sekaligus keselamatan Satwa Gajah pada Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 4, akan dibuat 6Terowongan Perlintasan Gajah untuk akses para Gajah yang ada di habitatnya yang langsung terhubung dengan 8 Kantung Gajah-Gajah tersebut tinggal.

Terdapat 6 perlintasan yang akan dibangun, perlintasan pertama di Sungai Tekuana lokasinya di Seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Kemudian lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4 dekat dengan Suaka margasatwa Balai Raja.

Terowongan Perlintasan Gajah dibuat sekaligus menjaga keselamatan para pengguna Jalan Tol.Terowongan Perlintasan Gajah ini telah dibuat menyesuaikan dengan habitat aslinya di alam. Berukuran clearance 5,1 meter dan Lebar 40 meter. Pada bagian kiri dan kanan jalan yang ada disekitar Terowongan Perlintasan Gajah tersebut dibuat pagar pengaman agar satwa-satwa tersebut aman dan selalu terjaga ekosistemnya.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dapat meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis. Jalan tol ini akan teintegrasi dengan konektivitas kawasan dan memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di wilayah Sumatera.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah dibangun dari tahun 2016 terdiri dari 6 Seksi, yaitu Seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,5 Km), Seksi 2 Minas-Petapahan (24,1 Km), Seksi 3 Petapahan-Kandis Utara (16,9 Km), Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26,25 Km), Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara, dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai (25,44 Km). (BPJT/Dms)

Share Berita Ini

Berita Terkait