Page 112 - Buku Annual Report BPJT 2021
P. 112

Tingkatkan Manajemen Mutu,



          BPJT Raih Sertifikasi ISO 9001:2015










                                                                                                                                          BADAN PENGATUR JALAN TOL






























                                                                                   Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 dari PT Tuv Sud Indonesia ke BPJT


              adan  Pengatur  Jalan  Tol  (BPJT)    Sebagai   standar  internasional  yang     itu juga membentuk hubungan saling
              sebagai badan pemerintah  yang        menetapkan  persyaratan  untuk  sistem     menguntungkan dengan para stakeholder,
         Bmengelola industri jalan tol di           manajemen mutu, ISO 9001 diterbitkan       mencapai   penghematan   biaya  yang
          Indonesia   berhasil   mendapatkan        pertama kali pada 1986 oleh ISO            optimum, serta sebagai manajemen risiko
          sertifikat standar internasional Sistem   atau   International  Organization  for    dalam menjamin mutu produk dan kualitas
          Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada         Standardization.  Sertifikat  ini  berperan   layanan.
                                                    untuk  memberikan  pedoman  karakteristik
          2021. ISO 9001:2015 merupakan             sistem manajemen mutu  yang baik.          Salah satu contoh implementasi ISO
          sertifikasi  pertama  yang  diperoleh     Perusahaan atau lembaga  yang diakui       9001:2015 dalam lingkup BPJT secara
          BPJT dari lembaga independen,  yakni      dengan sertifikasi ini pun harus memenuhi   konkrit adalah dapat mengefisienkan proses
          PT  TÜV SÜD Indonesia dan mulai           persyaratan yang sesuai dengan ISO 9001.   administrasi, seperti proses penyesuaian
          berlaku pada 25 Oktober 2021.                                                        tarif jalan tol. Proses administrasi dalam
                                                    Sebagai bentuk pengakuan pihak ketiga      penyesuaian tarif menjadi lebih cepat
                                                    yang   independen,   sertifikasi   sistem   karena menerapkan siklus  PDCA (Plan-
                                                    manajemen    mutu    ISO   9001:2015       Do-Check-Action)  dalam ISO 9001:2015.
                                                    menjamin bahwa BPJT menerapkan standar     Dengan siklus itu, hal-hal yang berpotensi
                                                    ISO dengan baik dan benar. Hal ini penting   memperlama proses administrasi diuraikan
                                                    terutama untuk meningkatkan kepercayaan    dan diberi alternatif sesuai dengan tahapan
                                                    pelanggan terkait mutu produk dan layanan.   perencanaan, tindakan, pengecekan ulang,
                                                    Manfaat lain dari sertifikasi ISO 9001:2015   dan perbaikan.
                                                    adalah meningkatkan produktivitas BPJT
                                                    dan  meningkatkan  motivasi  pegawai       Adapun,  di  sepanjang  2021,  BPJT  telah
                                                    dan  kalangan  internal  BPJT.  Sertifikasi   melakukan penyesuaian tarif di 14 ruas jalan



         112   |   Peningkatan Tata Kelola dalam Penyelenggaraan Jalan Tol di Indonesia
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117