Page 112 - Buku Annual Report BPJT 2021
P. 112
Tingkatkan Manajemen Mutu,
BPJT Raih Sertifikasi ISO 9001:2015
BADAN PENGATUR JALAN TOL
Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 dari PT Tuv Sud Indonesia ke BPJT
adan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Sebagai standar internasional yang itu juga membentuk hubungan saling
sebagai badan pemerintah yang menetapkan persyaratan untuk sistem menguntungkan dengan para stakeholder,
Bmengelola industri jalan tol di manajemen mutu, ISO 9001 diterbitkan mencapai penghematan biaya yang
Indonesia berhasil mendapatkan pertama kali pada 1986 oleh ISO optimum, serta sebagai manajemen risiko
sertifikat standar internasional Sistem atau International Organization for dalam menjamin mutu produk dan kualitas
Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Standardization. Sertifikat ini berperan layanan.
untuk memberikan pedoman karakteristik
2021. ISO 9001:2015 merupakan sistem manajemen mutu yang baik. Salah satu contoh implementasi ISO
sertifikasi pertama yang diperoleh Perusahaan atau lembaga yang diakui 9001:2015 dalam lingkup BPJT secara
BPJT dari lembaga independen, yakni dengan sertifikasi ini pun harus memenuhi konkrit adalah dapat mengefisienkan proses
PT TÜV SÜD Indonesia dan mulai persyaratan yang sesuai dengan ISO 9001. administrasi, seperti proses penyesuaian
berlaku pada 25 Oktober 2021. tarif jalan tol. Proses administrasi dalam
Sebagai bentuk pengakuan pihak ketiga penyesuaian tarif menjadi lebih cepat
yang independen, sertifikasi sistem karena menerapkan siklus PDCA (Plan-
manajemen mutu ISO 9001:2015 Do-Check-Action) dalam ISO 9001:2015.
menjamin bahwa BPJT menerapkan standar Dengan siklus itu, hal-hal yang berpotensi
ISO dengan baik dan benar. Hal ini penting memperlama proses administrasi diuraikan
terutama untuk meningkatkan kepercayaan dan diberi alternatif sesuai dengan tahapan
pelanggan terkait mutu produk dan layanan. perencanaan, tindakan, pengecekan ulang,
Manfaat lain dari sertifikasi ISO 9001:2015 dan perbaikan.
adalah meningkatkan produktivitas BPJT
dan meningkatkan motivasi pegawai Adapun, di sepanjang 2021, BPJT telah
dan kalangan internal BPJT. Sertifikasi melakukan penyesuaian tarif di 14 ruas jalan
112 | Peningkatan Tata Kelola dalam Penyelenggaraan Jalan Tol di Indonesia