Page 102 - Buku BPJT 2020
P. 102

1. Penanganan Blackspot

                                                                                                 Saat ini belum terdapat basis data
                                                                                                 lokasi  kecelakaan dan  belum ada
                                                                                                 evaluasi teknis mengenai lokasi rawan
                                                                                                 kecelakaan atau black spot. Program
                                                                                                 BPJT dalam penanganan black spot
                                                                                                 ditujukan akan menyediakan basis data
                                                                                                 peristiwa  kecelakaan  secara  informatif
                                                                                                 dan lengkap.  Data tersebut  akan
                                                                                                 menjadi modal untuk badan usaha dalam
                                                                                                 menyediakan sarana maupun prasarana
                                                                                                 pengaman sehingga akan mengurangi
                                                                                                 risiko kecelakaan pada lokasi rawan
                                                                                                 tersebut.                                 BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL

                                                                                               2. Audit Keselamatan Jalan Tol

                                                                                                 BPJT   melakukan   evaluasi  untuk
                                                                                                 menilai  kelaikan sarana  dan prasarana
                                                                                                 keselamatan jalan tol. Program ini berupa
                                                                                                 audit keselamatan jalan tol sekaligus
           Kampanye anti praktik pelanggaran kendaraan yang melebihi dimensi dan melampaui kapasitas (ODOL) di Gerbang   sebagai perbaikan tata kelola di industri
                                                                     Tol Bakauheni Selatan, 2020.  jalan tol.

                                                                                               3. Pengenalan Teknologi Safety Road

                                                                                                 Sampai saat ini, badan usaha jalan tol
                                                                                                 menggunakan teknologi  yang berbeda-
                                                                                                 beda dalam pengoperasian jalan tol
                                                                                                 dan belum ada acuan terkait penerapan
                                                                                                 teknologi pengoperasian jalan tol.
                                                                                                 Program ini akan menjadi dasar untuk
                                                                                                 menyusun regulasi mengenai penerapan
                                                                                                 teknologi di jalan tol operasi.


                                                                                               4. Penanganan     Kegawatdaruratan
                                      Kunjungan kerja Sekretaris BPJT dan Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen   dan Pusat Panggilan  Tunggal
                                                                                 Bina Marga.     (Single Call Center) Jalan Tol

          dan melampaui batas muatan atau  Over                                                  Saat ini belum terdapat prosedur operasi
          Dimension Over Loading (ODOL).                                                         standar  (SOP)  mengenai  penanganan
                                                                                                 kegawatdaruratan di jalan tol. Masing-
          Praktik ODOL sangat merugikan operator                                                 masing badan usaha menyediakan
          jalan tol karena mempercepat kerusakan                                                 nomor panggilan (call center) di masing-
          jalan serta dan meningkatkan risiko                                                    masing ruas yang dikelola.                  BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL
          kecelakaan. Kerusakan jalan mengakibatkan
          kebutuhan anggaran untuk pemeliharaan                                                  Ke depan, nomor panggilan akan dibuat
          meningkat. Sebagai contoh, kebutuhan                                                   tunggal untuk menyederhanakan dan
          pemeliharaan jalan nasional, jalan tol, dan                                            memudahkan pengguna jalan tol bila
          jalan provinsi rata-rata Rp 43,45 triliun per                                          menghadapi situasi darurat. Dengan
          tahun.                                                                                 adanya    SOP     kegawatdaruratan,
                                                                                                 penanganan akan berjalan efektif
          BPJT memiliki empat strategi untuk                                                     sehingga mampu menghindarkan korban
          mewujudkan kematian nol atau nihil pada                                                meninggal  dunia  setelah  kejadian
          2024. Keempat aspek saling berkaitan                                                   kecelakaan  (post-crash  emergency
          satu sama lain, yakni:                                                                 services).




         102   |   Transformasi Jalan Tol, Merajut Nusantara (Toll Road Transformation, Connecting The Nation)
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107