Slide 1

Penyelesaian Konstruksi Tahap Akhir Tol Balikpapan - Samarinda Seksi I & V, Dukungan Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Timur


23 Juli 2021 |   Berita/Umum  |   306

Penyelesaian Konstruksi Tahap Akhir Tol Balikpapan - Samarinda Seksi I & V, Dukungan Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Timur Foto : Penyelesaian Konstruksi Tahap Akhir Tol Balikpapan - Samarinda Seksi I & V, Dukungan Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Timur

Bekasi - Jalan Tol Balikpapan - Samarinda sepanjang 99,55 Km  merupakan konektivitas bebas hambatan yang pertama di Pulau Kalimantan. Saat ini progres keseluruhan konstruksi Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 & 5 sudah mencapai tahap akhir penyelesaian. 

Untuk kedua seksi ini (Seksi 1 & 5) yang merupakan porsi oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR dengan progres sudah mencapai sebesar 100% dan siap untuk dioperasikan.

Jalan Tol ini merupakan konektivitas pendukung ibu kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda dengan berbagai pusat bisnis lainnya seperti di Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Bontang.

Selain itu, Jalan Tol Balikpapan - Samarinda menjadi salah satu infrastruktur pendukung menuju Pelabuhan Semayang di Balikpapan dan Pelabuhan Samarinda.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini memiliki peran penting dalam memangkas waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat, yakni biasanya memakan waktu 3 sampai 4 jam lamanya, namun saat ini hanya 1,5 sampai 2 jam saja.

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda terdiri atas 5 seksi, yaitu seksi 1 ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km), dan seksi 5 ruas Balikpapan - Sepinggan (11,09 Km) adalah Porsi Pemerintah.

Kemudian seksi II ruas Samboja - Muara Jawa (30,98 Km), seksi III ruas Muara Jawa - Palaran (17,50 Km), dan seksi IV ruas Palaran - Samarinda (17,95 Km) porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Balikpapan-Samarinda yang sudah beroperasi sejak Desember 2019 lalu. (BPJT/Dms)

SHARE: