Slide 1

Kunjungan 3 Menteri Tinjau Progres Jalan Tol Cisumdawu Di Jawa Barat


30 September 2021 |   Berita/Umum  |   515

Kunjungan 3 Menteri Tinjau Progres Jalan Tol Cisumdawu Di Jawa Barat Foto : Kunjungan 3 Menteri Tinjau Progres Jalan Tol Cisumdawu Di Jawa Barat

Sumedang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Perhubungan Budi Karya S. melakukan kunjungan kerja meninjau progres pembangunan simpang susun Cileunyi dan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pada Kamis (30/9/21).

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Phase III, Seksi II Phase I, dan Seksi II Phase II sepanjang 27,62 Km yang dibangun oleh Pemerintah telah mencapai progres konstruksi yaitu sebesar 92,35% dengan terbagi menjadi Seksi I Phase III Cileunyi - Rancakalong (10,57 Km), Seksi II Phase I Rancakalong - Ciherang (6,35) Km), dan Seksi II Phase II Ciherang - Sumedang (10,70 Km).

Kemudian, Seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,22 Km saat ini progresnya telah mencapai 25,83% dengan terbagi menjadi Seksi III Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) konstruksi sudah 100% rampung, Seksi IV Cimalaka - Legok (8,20 Km) konstruksi sudah berjalan 6,59%, Seksi V Legok - Ujung Jaya (14,90 Km) konstruksi sudah berjalan 4,28%, dan Seksi VI Ujung Jaya - Dawuan (6,07 Km) konstruksi sudah berjalan 19,81%.

Sebagai upaya mempercepat progres penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cisumdawu telah ditambahkan sejumlah pekerja di lapangan dan ketersediaan alat berat untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Sebelumnya, untuk ketersediaan pekerja dilapangan, dari rencana awal hanya 254 kini menjadi 459 karyawan. Selain itu untuk ketersediaan alat yang sebelumnya hanya menggunakan 1 launcher dan 4 support/ shoring kini menjadi 1 launcher, dua crane dan 8 support/shoring.

Saat ini juga tengah dilakukan pengerjaan pada 3 titik pembangunan, di antaranya Ramp 1, Ramp 2, dan jembatan penghubung serta jembatan utama. Untuk Ramp 1 dan Ramp 2 ditargetkan akan selesai pada November 2021. Kemudian untuk jembatan penghubung dan jembatan utama akan selesai pada Desember 2021.

Penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu keseluruhan dapat segera selesai di akhir tahun 2021 dan diharapkan sudah dapat digunakan pada awal tahun 2022 mendatang.

Hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, Kepala BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Wilan Oktavian, Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan, Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka. (BPJT/Dms)

SHARE: