Slide 1

Jalan Tol Pandaan - Malang Seksi Pakis - Malang Resmi Dioperasikan pada Selasa 7 April 2020


09 April 2020 |   Berita/Umum  |   557

Jalan Tol Pandaan - Malang Seksi Pakis - Malang Resmi Dioperasikan pada Selasa 7 April 2020

Jakarta - Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Ruas Pakis-Malang sudah resmi dioperasikan pada Hari Selasa, 7 April 2020. Pengoperasian Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi Pakis-Malang ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 314/KPTS/M/2020 dan saat ini masih diberlakukan tanpa tarif (Rp. 0,-) sampai dengan waktu yang tepat hingga situasi kondusif, dimana wabah COVID-19 telah dinyatakan berakhir oleh Pemerintah. BPJT Kementerian PUPR juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Malang dan sekitarnya agar tetap #DirumahAja demi menjaga kesehatan dan terhindar dari virus COVID-19.

Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan seksi I sampai III. Lalu pada tanggal 01 November 2019 dilanjutkan dengan pengoperasian seksi IV. Dengan rampungnya seluruh seksi maka Ruas Pandaan-Malang telah beroperasi secara penuh dan dapat langsung menjangkau pusat Kota Malang.

Dengan beroperasinya ruas Pakis-Malang maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi seluruhnya sepanjang 38,48 Km yang terdiri dari 5 Seksi, yaitu Seksi 1 Pandaan-Purwodadi (15,4 Km), Seksi 2 Purwodadi-Lawang (8 Km), Seksi 3 Lawang-Singosari (7 Km), Seksi 4 Singosari-Pakis (4,7 Km) dan Seksi 5 Pakis-Malang (3 Km).

Kehadiran Jalan Tol Pandaan-Malang sangat diharapkan masyarakat di wilayah Jawa Timur yang menjadikan jalan bebas hambatan ini sebagai penopang pentingnya arus mobilisasi orang serta logistik antara Kota Surabaya dan Malang. Selama ini, perjalanan pada jam padat bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan keberadaan jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa berkurang menjadi dua hingga tiga jam. 

Jalan tol ini juga diharapkan meningkatkan perekonomian Jawa Timur melalui pariwisatanya seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu. Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Jalan tol ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol jika dari arah Malang, Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi Barat Daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan ditambah Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan. (BPJT/Dms) #BPJTMelawanCOVID19

SHARE: