Page 82 - Buku BPJT 2020
P. 82
BADAN PENGATUR JALAN TOL
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 2020.
Strategi Perbaikan Tata Kelola Organisasi
1 Penyusunan tata kelola organisasi 2 Pembuatan pusat data yang diiringi 4 BPJT juga meluncurkan aplikasi
BPJT dan penyusunan sistem
dengan pembentukan unit analisis
berbasis mobile bernama BPJT Info.
remunerasi yang berbasis pada data. Dengan semakin panjang Aplikasi BPJT Info menampilkan
tanggungjawab (responsibility- jalan tol yang beroperasi, jalan tol banyak fitur seperti, cek tarif tol,
based-remuneration). yang konstruksi, maupun jalan tol peta jalan tol, lokasi gerbang tol,
yang sedang direncanakan, maka serta fasilitas tempat istirahat dan
kebutuhan pusat data menjadi pelayanan (TIP) terdekat. Selain itu,
krusial. Terlebih dalam era industri Aplikasi BPJT Info juga menampilkan
4.0, data harus menjadi dasar informasi kondisi jalan tol terkini
dalam pengambilan keputusan serta
strategis.
3 Pencatatan aset, baik berupa BADAN PENGATUR JALAN TOL
lahan, aset dalam konstruksi,
dan aset tak berwujud atau
konsesi. Terkait dengan aset,
Direktorat Jenderal Bina Marga
Kementerian PUPR bersama BPJT
telah melakukan inventarisasi aset
terhadap konsesi di 71 ruas jalan
tol berdasarkan nilai konstruksi
di dalam Perjanjian Pengusahaan
Jalan Tol (PPJT) pada 2019. Dari
inventarisasi itu didapatkan aset
senilai Rp 329,31 triliun.
82 | Transformasi Jalan Tol, Merajut Nusantara (Toll Road Transformation, Connecting The Nation)