Page 140 - Buku BPJT 2020
P. 140

penutup




          Transformasi

          Jalan  Tol,  Merajut
          Nusantara




              ahun 2020 adalah tahun  yang
              menantang.   Pandemi    Covid-19
         Tmenjadi  warna  utama  yang mewarnai
          setiap sendi kehidupan, tidak terkecuali
          industri jalan tol. Pembatasan mobilitas                                                                                         BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL
          masyarakat berdampak langsung pada
          penurunan pendapatan para operator jalan
          tol.

          Namun demikian, sebagai sebuah industri
          yang telah direncanakan dalam jangka
          panjang secara matang, pembangunan                                       Petugas melakukan simulasi pembayaran dengan menggunakan e-tol .
          jalan tol tetap berjalan. Fungsinya yang vital
          sebagai jalan alternatif dari jalan nasional
          sekaligus pengungkit tumbuhnya kawasan
          industri menjadikan jalan tol sebagai salah
          satu prioritas pembangunan nasional.

          Lompatan besar telah terjadi dalam 5 tahun
          terakhir, yakni terjadi penambahan panjang
          jalan tol sebanyak 1.293 kilometer (km).
          Dan hingga akhir 2020 panjang jalan tol di
          Indonesia mencapai telah 2.346 km.

          Lompatan tersebut akan terus diikuti
          dengan lompatan berikutnya, yakni menuju
          industri jalan tol 4.0  yang telah diawali
          dengan penerapan transaksi nontunai. Ke
          depan, dalam waktu yang tidak terlalu lama,
          digitalisasi  dan  penerapan  kecerdasan
          buatan akan semakin mewarnai industri
          jalan tol di Indonesia.                                                                Gerbang Tol Kejapanan, Jalan Tol Surabaya-Gempol.

          Transformasi Jalan Tol
                                                    Trans Sumatera dari Bakauheni hingga       dalam  pembangunan  infrastruktur  adalah
          Akselerasi  dan  adaptasi  terjadi  di    Banda  Aceh diselesaikan ruas demi         memperhatikan aspek ekologis.                 BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL
          setiap tahap, mulai dari perencanaan,     ruas.  Di Pulau Kalimantan jalan  tol telah
          pembangunan, dan dalam tahap operasi.     dibangun   menghubungkan    Samarinda      Namun dengan kerja keras dan kerja
          Semuanya diharapkan berujung pada         dengan Balikpapan. Demikian pula di Pulau   cerdas, serta kolaborasi para pemangku
          pelayanan prima kepada pengguna jalan     Sulawesi, jalan tol dibangun di Provinsi   kepentingan, maka setiap tantangan akan
          sekali sekaligus menciptakan dampak       Sulawesi  Tenggara dan Sulawesi Utara      mendapatkan solusi atau jalan keluar.
          berganda  bagi  pertumbuhan  ekonomi      untuk mendukung pertumbuhan kawasan.       Dengan selalu terbuka pada perubahan,
          nasional.                                                                            transformasi jalan tol akan terus terjadi.
                                                    Pembangunan jalan tol memiliki tantangan,   Sementara ikhtiar merajut nusantara akan
          Merajut Nusantara                         mulai dari tingkat kelayakan jalan tol, sumber   semakin  nyata  dengan  adanya  jalan  tol.
                                                    pembiayaan, hingga tantangan alam berupa   Pembangunannya bukan demi jalan tol itu
          Pembangunan  jalan tol  tidak hanya       pegunungan atau tanah gambut. Dan satu     sendiri,  melainkan  demi  kesejahteraan
          dilaksanakan di Pulau  Jawa.  Jalan tol   hal penting  yang kini menjadi tuntutan    rakyat Indonesia.


         140   |   Transformasi Jalan Tol, Merajut Nusantara (Toll Road Transformation, Connecting The Nation)
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145