Page 14 - Buku BPJT 2020
P. 14

ikhtisar




          OVERVIEW




          Badan  Pengatur  Jalan  Tol
          Transformasi  Jalan  Tol, Merajut  Nusantara




              residen   Joko   Widodo    dalam      ekonomi baru di sepanjang koridor jalan tol.  BPJT  melalui  dua  hal,  yakni  strategi
              Visi  Pembangunan     2020-2024                                                  penyelenggaraan jalan tol dan strategi
         Pmenegaskan,  salah  satu  prioritas       Sebagaimana    diatur  Undang-Undang       pengembangan jaringan jalan tol.            BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL
          pemerintah     adalah     melanjutkan     Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan serta
          pembangunan   infrastruktur.  Hal  itu    Peraturan Pemerintah Nomor 15  Tahun       Strategi penyelenggaraan jalan tol dilakukan
          diwujudkan  melalui  pembangunan  jaringan   2005 tentang  Jalan  Tol, penyelenggaraan   dengan 4 Misi dan 7 Strategi Pokok:
          jalan di berbagai wilayah Indonesia.      jalan tol dilaksanakan dengan beberapa
                                                    prinsip.                                   Misi   I
          Untuk mengungkit ekonomi, pembangunan                                                Meningkatnya Kepercayaan Klien dan
          infrastruktur  jalan  diprioritaskan  pada   Pertama, pemerintah menyusun rencana    Konsumen atas Layanan BPJT.
          pembangunan jalan penghubung antara       umum jaringan jalan nasional, termasuk,    Misi ini  dilaksanakan dengan Strategi
          kawasan   produksi  dengan   kawasan      jalan  tol,  yang  ditetapkan  oleh  Menteri   Penguatan Identitas, Budaya dan Struktur
          distribusi. Infrastruktur jalan juga dibangun   sebagai  dasar  pembangunan.  Kemudian,   Organisasi,  Corporate Governance,  serta
          menuju kawasan pariwisata, industri, dan   wewenang  penyelenggaraan  jalan  tol     Reposisi BPJT dan Strategi Perbaikan  Tata
          kawasan produktif lainnya.                berada pada Pemerintah dan sebagian        Kelola Organisasi.
                                                    wewenang  meliputi  dengan  pengaturan,
          Sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol   pengusahaan dan pengawasan jalan tol       Misi   II
          merupakan infrastruktur prioritas.  Jalan   dilakukan oleh Badan Pengatur  Jalan  Tol     Meningkatnya Dampak dan Kemanfaatan
          tol tidak hanya berfungsi meningkatkan    (selanjutnya disebut BPJT).                Jaringan Jalan Tol.
          konektivitas, namun juga mengakselerasi                                              Misi ini dilaksanakan dengan dua strategi,
          ekonomi di wilayah yang dilalui.          Prinsip berikutnya, pendanaan pengusahaan   yakni Peningkatan Dampak Investasi
                                                    jalan tol berasal dari pemerintah dan atau   Tol  bagi  Peningkatan  Ekonomi  dan
          Selama 5 tahun terakhir, panjang jalan tol di   badan usaha  yang memenuhi persyaratan   Kesejahteraan Sosial Masyarakat dan Peta
          Indonesia  bertambah  signifikan. Jika  sejak   berdasarkan  kelayakan  ekonomi  dan  Jalan untuk Zero Fatalities.
          1978 hingga akhir 2014 panjang jalan tol   finansial.  Dalam  keadaan  tertentu  yang
          adalah 795 kilometer, maka pada akhir     menyebabkan pengembangan jaringan jalan    Misi   III
          2019, total panjang jalan tol di Indonesia   tol tidak dapat diwujudkan oleh badan usaha,
          adalah 2.088 km atau bertambah 1.293 km   pemerintah dapat mengambil langkah         Mengimplementasikan  Sistem  Jalan  Tol
          dalam waktu 5 tahun.                      sesuai kewenangannya. Hal itu dilakukan    Modern Melalui Transformasi Digital (IoT –
                                                    dengan   melaksanakan    pembangunan       Internet of Tollroad 4.0).
          Yang menggembirakan, jalan tol juga       jalan tol sebagian atau seluruhnya  yang   Misi ketiga ini dilaksanakan dengan Strategi
          banyak  dibangun di  luar  Pulau  Jawa  untuk   pengoperasiannya dilakukan oleh swasta.   Konstruksi dan Operasi (Infrastruktur dan
          mengakselerasi tumbuhnya industri baru.                                              Sistem Transportasi) yang Unggul.
          Selain Pulau Sumatera, jalan tol juga     Kewenangan     penyelenggaraan   jalan                                                   BADAN   PENGATUR   JALAN   TOL
          dibangun  di  Pulau  Kalimantan,  dan  Pulau   tol  tersebut  sebagian  dilaksanakan  Misi   IV
          Sulawesi.  Bukan  tidak  mungkin,  di  masa   oleh BPJT. Sejak awal 2020, BPJT telah   Meningkatnya Kepercayaan Investor  Jalan
          mendatang pembangunan jalan tol akan      menerapkan strategi penyelengaraan dan     Tol.
          dilakukan di seluruh nusantara.           pengembangan jaringan jalan tol. BPJT terus   Misi ini  dilaksanakan dengan Strategi
                                                    menyempurnakan berbagai lini proses        Perbaikan Proses Bisnis Investasi  Jalan
          Jalan tol terus bertransformasi.  Jalan tol   dalam penyelenggaraan jalan tol, antara   Tol dan Strategi Fasilitasi Investasi Badan
          berkembang menjadi sebuah industri yang   lain terkait pendanaan, pelayanan, dan     Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Mitra Pembiayaan,
          semakin banyak melibatkan swasta beserta   pengelolaan secara berkelanjutan.         melalui Penyempurnaan Kontrak Investasi,
          sumber pendanaannya.  Adanya jalan  tol                                              PPJT dan Penciptaan “Financing Pool”.
          juga menjadi pendorong tumbuhnya pusat    Transformasi  jalan   tol  dituangkan






         14   |   Transformasi Jalan Tol, Merajut Nusantara (Toll Road Transformation, Connecting The Nation)
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19