Page 14 - Buku Annual Report BPJT 2021
P. 14
dan keselamatan di jalan tol, sekaligus
meningkatkan kepercayaan banyak pihak,
khususnya swasta untuk berperan lebih
besar dalam pembangunan jalan tol di
Indonesia.
Salah satu upaya peningkatan kualitas
pelayanan jalan tol adalah penerapan
Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh
berbasis Multi Lane Free Flow yang akan
dimulai pada akhir Tahun 2022. Hal ini akan
memberikan pengalaman bagi pengguna
jalan dalam melakukan transaksi tol yang
lebih cepat dan aman.
Saya menyambut baik penyusunan Buku BADAN PENGATUR JALAN TOL
M. Basuki Hadimuljono Laporan Tahunan Badan Pengatur Jalan Tol
(BPJT) 2021 dengan tema "PENINGKATAN
TATA KELOLA DALAM PENYELENGGARAAN
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat JALAN TOL DI INDONESIA". Buku ini sangat
bermanfaat sebagai informasi kepada
publik mengenai capaian Pemerintah
dalam pembangunan jalan tol sekaligus
Kata Pengantar memberikan informasi peluang investasi
kepada para investor.
Saya berharap BPJT dapat terus
embangunan infrastruktur Tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun meningkatkan kinerjanya, bertransformasi
masih menjadi program prioritas yang cukup berat bagi kita semua karena menjadi organisasi yang dinamis dalam
Ppemerintahan Presiden Joko menghadapi Pandemi COVID-19. Dengan rangka mewujudkan penyelenggaraan
Widodo pada periode Tahun 2020- kerja keras Pemerintah, Badan Usaha Jalan jalan tol yang efisien serta memanfaatkan
2024. Pembangunan infrastruktur terus Tol, Konsultan, Kontraktor dan lainnya, teknologi terkini. Akhir kata, saya
dilanjutkan untuk menghubungkan sejumlah ruas jalan tol dapat dirampungkan menyampaikan terima kasih dan apresiasi
kawasan produksi dengan kawasan dan telah beroperasi. Tahun 2020 telah setinggi-tingginya kepada seluruh pihak
distribusi, mempermudah akses ke berhasil dioperasikan 8 ruas tol sepanjang yang telah ikut berkontribusi dalam
kawasan wisata, kawasan industri, 246 Km dan Tahun 2021 sepanjang 123 Km. pembangunan tol yang berkualitas.
kawasan ekonomi khusus sehingga
berkontribusi pada penambahan lapangan Semakin bertambahnya panjang jalan tol
kerja baru dan pertumbuhan ekonomi. yang dibangun, maka badan usaha jalan Jakarta, Mei 2022
tol dan lembaga keuangan yang terlibat
semakin banyak. Hal ini menjadi kekuatan
sekaligus tantangan. Disamping itu
Salah satu program prioritas Kementerian harapan dan tuntutan publik juga semakin
Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meningkat. Oleh karenanya peningkatan
adalah pembangunan jalan tol yang tata kelola penyelenggaraan jalan tol perlu M. Basuki Hadimuljono
bertujuan meningkatkan mobilitas, dan terus dilakukan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan
memangkas biaya logistik di Indonesia. Rakyat Republik Indonesia
Dengan demikian pembangunan jalan Untuk itu, penerapan sistem manajemen
tol diharapkan akan bermuara pada mutu berbasis ISO 9001 oleh Badan
peningkatan daya saing nasional. Pengatur Jalan Tol merupakan sebuah
keharusan. Dengan demikian, setiap
Pada periode Tahun 2015-2019, Pemerintah langkah organisasi dijalankan berdasarkan
berhasil menyelesaikan pembangunan pedoman yang terstandar, mulai dari
jalan tol sepanjang 1.298 Km termasuk perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi.
tersambungnya Tol Trans Jawa yang
merupakan tulang punggung perekonomian Dengan kinerja organisasi yang semakin
nasional. Pada periode Tahun 2020-2024, efektif dan efisien, tata kelola jalan tol
Pemerintah menargetkan jalan tol baru pun akan semakin baik dan berdampak
sepanjang 2.800 Km. pada peningkatan kualitas pelayanan
14 | Peningkatan Tata Kelola dalam Penyelenggaraan Jalan Tol di Indonesia