Slide 1

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2017


Rabu, 07/06/2017 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   73

Liburan lebaran tahun ini mulai pada hari Sabtu, tanggal 24 Juni sampai Minggu 2 Juli 2017 (9 hari), libur lebaran hanya satu hari lebih sedikit dibandingkan dengan libur lebaran tahun kemarin namun BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) memprediksi bahwa jalur arus lalu lintas mudik dan balik lebaran tahun 2017 akan sedikit lebih tinggi daripada lalu lintas lebaran tahun 2016 (2-10 Juli). Ini diakibatkan oleh adanya penambahan jalur fungsional dari Brebes Timur sampai Semarang dengan prediksi puncak arus mudik pada Sabtu 24 Juni 2017 dan puncak arus balik Minggu 2 Juli 2017.

Jumlah gardu tol yang beroperasi akan dioptimalkan untuk melayani peningkatan lalu lintas baik arus mudik maupun balik pada musim lebaran 2017 diiringi oleh penambahan petugas di masing-masing gerbang tol untuk mengurangi antrean yang terjadi di masing-masing gerbang tol.

Jalur fungsional trans Jawa dan Sumatera juga akan dibuka di beberapa ruas jalan, kedua tol ini dapat digunakan oleh pengguna tol selama mudik libur lebaran 2017. Ruas-ruas jalan tol fungsional mencakup Pemalang – Batang, Batang – Semarang, serta sebagian ruas Semarang – Solo, Solo – Ngawi, Ngawi – Kertosono, Surabaya – Mojokerto, Gempol – Pasuruan. Sedangkan ruas jalan tol trans Sumatera yang dibuka secara fungsional mencakup sebagian ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, Medan – Binjai, Palembang – Indralaya dan Bakauheni – Terbanggi Besar.

Tempat Istirahat (TI) dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) akan dioperasikan secara optimal. Tempat Istirahat sementara pada ruas tol Pejagan – Pemalang, Pemalang – Batang dan Batang Semarang. Akan disediakan juga parking bay untuk memfasilitasi pemudik yang akan beristirahat.

Layanan kendaraan juga akan disiapkan seperti ambulance, derek dan rescue. Selain itu Variable Message Sign (VMS) akan ditempatkan di beberapa lokasi tol BPJT juga akan melakukan monitoring lalu lintas melalui CCTV. Untuk memudahkan para pengguna jalan tol akan disediakan layanan Mobile Aplikasi JMCare sebagai informasi jalan tol termasuk kondisi lalu lintas yang bisa diakses dengan mudah oleh pengguna melalui smartphone.

 

Sumber: Kompas.com

SHARE: