Slide 1

Percepatan Pembangunan Jalan Tol Ruas Solo - Ngawi dan Groundbreaking Jalan Tol Ruas Ngawi - Kertosono


Senin, 04/05/2015 16:03:06 WIB |   Pembangunan/Pembangunan Jalan Tol |   46

Kamis 30 April 2015, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, dengan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bapak Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Ibu Rini Soemarmo, melakukan peresmian percepatan pembangunan Jalan Tol Ruas Solo – Ngawi dan groundbreaking Jalan Tol Ruas Ngawi – Kertosono.

Dalam pidatonya, Bapak Presiden RI menargetkan pembangunan kedua ruas jalan tol tersebut selesai dalam waktu 2,5 tahun. Tantangan tersebut dijawab oleh Direktur Utama PT. Jasa Marga (Persero) Tbk., Bapak Adityawarman, akan selesai dalam waktu 2 tahun pada saat menjelaskan panel yang telah disiapkan. PT. Jasa Marga (persero) Tbk. dan PT. Waskita Toll Road (anak perusahaan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk.) merupakan pemegang saham baru di PT. Solo Ngawi Jaya dan PT. Ngawi Kertosono Jaya selaku Badan Usaha Jalan Tol untuk kedua ruas jalan tol tersebut, menggantikan PT. Thiess Contractors Indonesia dan PT. Ferino Putra.

Selain itu, Presiden RI juga menyampaikan bahwa swasta diberikan kesempatan yang sebesar-besarnya dalam pembangunan jalan tol. Apabila swasta tidak dapat membangun, maka pembangunan jalan tol diserahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan jika BUMN juga tidak dapat membangun, maka Pemerintah (Kementerian PUPR) akan membangunnya dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

 

DATA TEKNIS

 

 

1.

Jalan Tol Ruas Solo – Ngawi

 

 

a

Panjang Jalan Tol

:

90,10 km

b

Lokasi Pekerjaan

:

Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar; Kabupaten Sragen, Kabupaten Ngawi

c

Kecepatan Rencana

:

120 km/jam

d

Jumlah Lajur

:

 

 

-        Tahap Awal                                                      

-        Tahap Akhir                                                     

:

2 x 2

2 x 2

e

Lebar Lajur                                              

:

3,6 m

f

Lebar Bahu Luar

:

3 m

g

Lebar Bahu Dalam

:

1,5 m

h

Lebar Median                                                  

-        Tahap Awal                                                      

-        Tahap Akhir

:

 

12,7 m (termasuk bahu dalam)

5,5 m (termasuk bahu dalam)

i

Jumlah Simpang susun / on-off ramp   

:

4 buah (Simpang Susun Solo,   Karanganyar,   Sragen, Ngawi)

j

Junction

:

1 buah

k

Jumlah Underpass

:

5 buah

l

Bridge

:

2 buah

m

Box Culvert

:

9 buah

n

Pipe Culvert

:

39 buah

o

Overpass

:

22 buah

p

Jembatan Penyebrangan Orang

:

3 buah

q

Tipe perkerasan jalan

-       Lajur Lalu Lintas                          

-       Bahu Dalam                                           

-       Bahu Luar

:

 

Rigid Pavement

Flexible Pavement

Flexible Pavement

 

DATA TEKNIS

 

 

2.

Jalan Tol Ruas Ngawi – Kertosono

 

 

a

Panjang Jalan Tol

:

87,018 km

b

Lokasi Pekerjaan

:

Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur

c

Kecepatan Rencana

:

120 km/jam

d

Jumlah Lajur

:

 

 

-        Tahap Awal                                                      

-        Tahap Akhir                                                     

:

2 x 2

2 x 2

e

Lebar Lajur                                              

:

3,6 m

f

Lebar Bahu Luar

:

3 m

g

Lebar Bahu Dalam

:

1,5 m

h

Lebar Median                                                  

-        Tahap Awal                                                      

-        Tahap Akhir

:

 

12,7 m (termasuk bahu dalam)

5,5 m (termasuk bahu dalam)

i

Jumlah Simpang susun / on-off ramp   

:

3 buah (Simpang Susun Madiun, Caruban,    Nganjuk)

j

Junction

:

-

k

Jumlah Underpass

:

2 buah

l

Bridge

:

11 buah

m

Box Culvert

:

14 buah

n

Pipe Culvert

:

14 buah

o

Overpass

:

104 buah

p

Jembatan Penyebrangan Orang

:

3 buah

q

Tipe perkerasan jalan

-       Lajur Lalu Lintas                          

-       Bahu Dalam                                           

-       Bahu Luar

:

 

-       Rigid Pavement

-       Flexible Pavement

-       Flexible Pavement

 

 

SHARE: