Slide 1

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu


Selasa, 21/10/2014 14:33:46 WIB |   Pembangunan/Pembangunan Jalan Tol |   45

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN

JALAN TOL BEKASI – CAWANG – KAMPUNG MELAYU

 

 

Menteri Pekerjaan Umum, Bapak Djoko Kirmanto, meletakkan batu pertama pembangunan Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu pada hari Jumat, 17 Oktober 2014 di daerah Kalimalang, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Wali Kota Jakarta Timur, Direktur Jenderal Bina Marga, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Direktur Utama PT. Kresna Kusuma Dyandra Marga dan Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk.

Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu mempunyai total panjang 21,04 km dan terbagi dalam 2 (dua) seksi, yaitu:

  1. Seksi I (Casablanca – Jaka Sampurna) sepanjang 11,00 km;
  2. Seksi II (Jaka Sampurna – Duren Jaya) sepanjang 10,04 km.

Disampaikan oleh Menteri PU, Jalan Tol ini dari sisi kelayakan ekonomi memiliki tingkat kelayakan yang tinggi, namun kelayakan finansialnya marginal, sehingga perlu mendapatkan dukungan Pemerintah agar layak secara finansial. “Dukungan Pemerintah tersebut diberikan dalam bentuk pengadaan tanah pada Seksi I dan II dengan nilai total sebesar Rp 350 Miliar”, tambah Menteri PU.

Badan Usaha Jalan Tol untuk Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu ini adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dan telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada tanggal 16 Desember 2011. Masa konsesi untuk pengusahaan jalan tol ini adalah selama 45 tahun, dengan lingkup pembangunan Seksi I (Casablanca – Jaka Sampurna) dan Seksi II (Jaka Sampurna – Duren Jaya).

Pembangunan Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 7,2 Triliun, dimana biaya investasi tersebut akan dipenuhi melalui equity dari Badan Usaha Jalan Tol dan pinjaman dari pihak perbankan.

Jalan Tol sepanjang 21,04 km ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengurai kemacetan yang ada di wilayah Jabodetabek, dari timur terutama di Jalan Raya Kalimalang.

SHARE: