Slide 1

BPJT Menjadi Narasumber Dalam Program Metro Siang di Metro TV dengan Tema “Jalan Tol Fungsional Lebaran 2017”


Selasa, 20/06/2017 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   28

BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) yang diwakili oleh Anggota BPJT Unsur Akademisi, Eka Pria Anas menjadi narasumber dalam program Metro Siang, Senin (19/6) dengan tema “Jalan Tol Fungsional Lebaran 2017.” Disampaikan oleh Eka, puncak arus mudik akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. “Kenaikan pemudik tahun ini akan naik 10% dibandingkan tahun lalu”, tambah Eka.

Jalan tol fungsional Trans Jawa pada lebaran 2017 dari Brebes Timur sampai dengan Weleri sepanjang  ±116,05 km.

Bagi pemudik yang akan menggunakan jalan tol fungsional, perlu memperhatikan kecepatan maksimal kendaraan 40 km/jam dan hanya dapat digunakan bagi kendaraan golongan I.

“Fasilitas pada jalan tol fungsional berupa rambu, marka jalan, TI (Tempat Istirahat) dan TI Sementara, dimana di TI Sementara terdapat mushola, toilet, fasilitas kesehatan, bensin, dan warung   yang dapat digunakan oleh pemudik”, ungkap Eka.

Yang perlu diwaspadai pada saat menggunakan jalan tol fungsional, pemudik harus mengikuti rambu, jaga kesehatan jangan terlalu lelah berkendara, dan sebelum berangkat harus cek kondisi kendaraan supaya aman berkendara.

Sebagai informasi, jalan tol fungsional  dapat dilintasi kendaraan 2 lajur (1 arah) untuk arus mudik maupun arus balik. Perkerasan jalan timbunan + lean concrete (beton tebal 10 cm), dan exit sementara pada rencana simpang susun (Pertemuaan jalan nasional/propinsi/kabupaten). Untuk penerangan (PJU) di beberapa lokasi antara lain rest area, exit sementara dan gerbang tol. Sedangkan pemasangan patok dengan reflektor pada sisi kiri dan kanan jalur fungsional dengan jarak antara ± 25 cm. Jalur fungsional direkomendasikan untuk digunakan pada pagi hingga sore (pukul 06.00 s/d 18.00)

SHARE: