Slide 1

BPJT Menggelar Focus Group Discussion Pembahasan Monitoring Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Berbasis Website


Kamis, 25/10/2018 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   94

Untuk mendukung pelaksanaan Monitoring Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus mengembangkan sistem informasi guna mempermudah pengawasan PPJT. Dalam kesempatan ini BPJT menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Monitoring Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Berbasis Website di Grand Kemang, Jakarta (23/10). Turut menjadi narasumber Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi, Anggota BPJT Unsur Akademisi Eka Pria Anas, Kepala Bidang Investasi Sudiro Roi Santoso dan Kepala Sub Bidang Pengawasan Investasi Ira Ariani Chaerunisa.

Sambutan disampaikan oleh Kepala Bagian Umum BPJT, Mahbullah Nurdin menyampaikan bahwa monitoring PPJT adalah sebuah gagasan yang sangat baik mengingat semakin banyaknya jumlah jalan tol beserta Badan usaha Jalan Tol (BUJT) yang harus diawasi oleh BPJT.

Sebagaimana kita ketahui jangka waktu Pengusahaan Jalan Tol berlangsung selama 35 sampai 50 tahun, oleh karena itu dibutuhkan adanya dokumentasi yang cukup baik dan bertahan lama hingga Pengusahaan jalan Tol berakhir masanya. Salah satu sistem monitoring PPJT yang sedang dikembangkan BPJT adalah “Monitoring Online Investasi” (Moonvest).

“Kami menganggap bahwa Moonvest dengan dokumentasi berbentuk digital adalah pilihan yang paling tepat. Untuk itu diharapkan kerjasama dari seluruh BUJT untuk memberikan masukan terhadap rencana pengembangan sistem ini, BUJT juga diharapkan melengkapi data-data yang dibutuhkan sehingga baik BPJT maupun BUJT memiliki basis data yang baik.” Ucap Kepala Bagian Umum BPJT Mahbullah Nurdin

Tujuan dari Moonvest adalah mendukung peningkatan efektivitas pengusahaan jalan tol untuk menciptakan industri jalan tol yang sehat. Adapun manfaat dari Moonvest itu sendiri adalah baik BPJT dan BUJT memiliki sistem peringatan dini (early warning system) terkait pemenuhan PPJT, selain itu BPJT, BUJT dan pihak terkait lainnya memiliki dokumentasi data pengusahaan jalan tol selama masa konsesi dalam satu sistem yang dapat dipergunakan sebagai media informasi dalam pengembalian keputusan.

Di dalam aplikasi Moonvest terdapat beberapa menu yang harus diupdate oleh BUJT seperti PPJT Awal, Dana Pengadaan Tanah, SPMK, Perubahan Rencana Usaha Pra Operasi, Perubahan Pemegang Saham Pra Operasi, Pengoperasian Jalan Tol, Perubahan Pemegang Saham pasca Operasi dan Perubahan Rencana Usaha Pasca Operasi.

Diharapkan terselenggaranya workshop ini menjadi suatu ajang berbagi informasi, pengetahuan atas penerapan sistem informasi monitoring PPJT.  

Turut hadir dalam FGD tersebut Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), PT. Jasamarga (Tbk) Persero, PT. Hutama Karya, PT. Citra Marga Nusaphala Persada, PT. Pemalang Batang Toll Road, PT. Marga Sarana Jabar, PT. Pejagan Pemalang Toll Road, PT. Marga Sarana Jabar, PT. Marga Lingkar Jabar, PT. Citra Marga Lintas Jabar, PT. Wijaya Karya dan PT. Kresna Kusuma Dyandra Mega.

SHARE: