Slide 1

Uji Coba Pengoperasian Jalan Tol Cijago Seksi II untuk Umum dan Belum Dikenakan Tarif


29 September 2019 |   Berita/Umum  |   246

Uji Coba Pengoperasian Jalan Tol Cijago Seksi II untuk Umum dan Belum Dikenakan Tarif

Jakarta - Jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) Seksi 2 ruas Bogor – Kukusan sepanjang 5,5 Km dengan progres konstruksinya secara keseluruhan telah mencapai 100%, pada Sabtu (28/9/2019) dini hari pukul 00.00 WIB dioperasikan secara umum untuk dinikmati masyarakat dan belum dikenakan tarif.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pada Sabtu malam 28 September 2019 tepatnya pukul 00.00 WIB, jalan tol Cijago seksi II dibuka untuk umum dan belum ditentukan tarifnya (gratis).

“Sebelum resmi dibuka untuk umum, ruas tol ini telah lolos uji kelaikan. Sehingga, masyarakat aman untuk dapat menggunakan ruas tol tersebut. Untuk penentuan tarif tol nya sendiri masih menunggu surat keputusan yang diberikan oleh bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,” kata Danang di Jakarta.

Dibukanya secara fungsional jalan tol ini digunakan untuk mengetahui manajemen pengaturan arus lalu lintas pada exit tol Cijago. Nantinya, ketika pengaturan arus lalu sudah cukup baik maka akan di proses untuk menentukan tarifnya yang diajukan kepada bapak Menteri PUPR.

Jalan Tol Cijago seksi II yang dibangun di wilayah Kota Depok ini merupakan bagian jaringan jalan tol nasional khususnya Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 sehingga nantinya akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi – Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km. Terbangunnya jalan tol ini juga memiliki manfaat penting dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan pengembangan kesejahteraan masyarakat pada wilayah tersebut.

Kehadiran Jalan Tol Cijago Seksi I dan Seksi II memiliki tujuan utama dalam meningkatkan efisiensi pelayanan jasa transportasi dan distribusi barang maupun jasa sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek).

Setelah Seksi 1 dan 2 sudah tersambung dan beroperasi sepenuhnya, akan memangkas intensitas jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju ke Kota Jakarta dan Depok. Kehadiran jalan tol ini juga akan mengurai kemacetan yang sering terjadi pada Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi.

Jalan Tol Cijago sepanjang 14,7 Km dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Translingkar Kita Jaya yang terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi 1 sepanjang 3,70 Km dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor dan telah beroperasi, kemudian Seksi 2 sepanjang 5,5 Km dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi 3 dari Kukusan ke Cinere sepanjang 5,5 Km yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2020.

SHARE: