Slide 1

Semangat Mereka Untuk Jalan Tol Yang Aman dan Nayaman, Terima Kasih Kami Ucapkan


06 Januari 2020 |   Berita/Umum  |   67

Semangat Mereka Untuk Jalan Tol Yang Aman dan Nayaman, Terima Kasih Kami Ucapkan

Jakarta - Kehadiran Jalan Tol yang aman dan nyaman sebagai akses jalan bebas hambatan yang begitu cepat memangkas waktu perjalanan bagi pengendara roda empat hingga kendaraan besar bermuatan logistic maupun barang-barang kebutuhan lainnya untuk sampai ke setiap tujuan, memiliki manfaat besar seluruh pengendara yang melintas bukan hanya dari sisi keselamatan namun juga dari sisi kenyamanan berkendara agar selalu terjaga selama perjalanan.

Semua ini merupakan kerjasama dari setiap pihak dalam hal menyediakan jalan tol yang berkelanjutan untuk masa depan dengan motto Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR yaitu Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi. BPJT Kementerian PUPR juga terus berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seluruh Jalan Tol yang ada di Indonesia dalam rangka melaksanakan Standar Pelayanan Miminal (SPM) jalan tol.

Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PU No. 16/PRT/M/2014 telah diatur Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol yang bertujuan untuk memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat sebagai pengguna jalan tol, termasuk pengaturan pada tempat istirahat dan pelayanan, yang juga merupakan bagian dari upaya mewujudkan konsep pengelolaan jalan tol berkelanjutan.

Menteri PUPR Basuki Hadimujono mengatakan, pengelolaan jalan tol dan rest area harus lebih dari sekadar memenuhi SPM dan kenaikan tarif tol. Kedepannya manfaat ini dapat dirasakan sebagai upaya peningkatan pelayanan terbaik oleh masyarakat kedepan.

Selanjutnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menambahkan, Pertama dalam mengelola jalan tol berkelanjutan, pada jalan tol yang terbangun harus menjadi instrumen transformasi. Terus dilakukan pengelolaan pengusahaan yang lebih baik, kemudian memperbaiki kontrak pengusaahan jalan tol.

Kedua, dikatakan Danang, para BUJT dan para asosiasi dapat menjalankan bisnisnya, menerapkan basic pelayanan jalan mengenai sistem keamanan (safety) yang fungsinya untuk mengurangi jumlah dan tingkat kecelakaan. Kita telah menyusun mengenai pedoman road map zero fatalities untuk mengurangi jumlah kematian dan kecelakaan. “Dan isu Ketiga dalam mewujudkan jalan tol berkelanjutan yang juga penting yaitu mencari solusi dalam mengatasi Over Load Over Dimension (ODOL),” tegasnya.

Tak lepas dari itu semua, dibalik terlaksananya jalan tol yang aman dan nyaman juga dihasilkan oleh kerjasama para seluruh Operator Jalan Tol di seluruh Indonesia yang terus semangat dan berperan penting pada setiap kondisi lalu lintas yang terus diupayakan secara maksimal demi berjalan lancarnya lalu lintas tersebut.

Mulai dari lalu lintas arus Mudik Lebaran, hingga pelaksanaan arus mudik Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya, semuanya terus dilakukan dengan langkah maksimal berkat hasil koordinasi dan kerjasama semua pihak agar tetap terjaga kemanan dan kenyamanan berkendara yang berkeselamatan.

Terima kasih kami ucapkan kepada kalian para teman-teman Petugas Jalan Tol yang ada di seluruh Indonesia untuk selalu setia juga sigap dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan kalian untuk setiap pelayanan kenyamanan dan keamanan pengendara di jalan tol. Salam Hormat! Selamat Datang Tahun Baru 2020, untuk SDM Unggul, Indonesia Maju. (BPJT/Dms)

SHARE: