Slide 1

Nyamannya Kota Lampung, Hingga Salam Hangat dari Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Sepanjang 140,9 Km


05 November 2019 |   Berita/Umum  |   149

Nyamannya Kota Lampung, Hingga Salam Hangat dari Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Sepanjang 140,9 Km

Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140,9 Km. Secara keseluruhan ruasnya sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sejak Maret 2019 lalu.

Hadirnya Jalan Tol ini menjadi akses penghubung arus transportasi kendaraan Golongan I, II, III, IV, dan V yang terintergrasi dengan Pelabuhan Bakauheni, sehingga sangat membantu percepatan konektivitas lalu lintas kendaraan yang melintas dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, begitupun sebaliknya.

Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi besar memiliki manfaat besar sebagai salah satu akses pergerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat Lampung dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatera. Manfaat lain yang dirasakan ialah jalan tol ini juga dapat memperlancar jalur logistik, memangkas biaya angkutan logistik, dan mempercepat waktu tempuh pengiriman barang tentunya.

Nantinya, Jalan Tol Bakauheni -Terbanggi Besar akan tersambung dengan Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 Km yang dikelola oleh PT. Hutama Karya. Jalan tol ini dilengkapi dengan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol atau Rest Area Rest area yang menjadi pendukung ekonomi lokal yang memasarkan produk-produk local.

Jalan tol ini juga dilengkapi fasilitas SPBU, toilet, mushola, restoran/tempat makan, fasilitas isi ulang (top up) uang elektronik. Selain itu disediakan juga sarana pelayanan lalu-lintas yang lengkap seperti Patroli Jalan Raya (PJR), mobil derek, ambulans, hingga mobil rescue untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengendara. Pengguna jalan tol harus selalu menyiapkan kartu tol elektronik dengan saldo yang cukup.

Salah satu akun media sosial Instagram dengan username @Lampungtalks yang menampilkan visual video dengan suara percakapan tentang Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar mengatakan saat ini Kota Lampung menjadi semakin keren dan sangat terbantu karena adanya tol ini.

“Lampung saat ini keren lho… ya memang dari dulu sih sudah keren, tapi sekarang makin keren.. karena infrastrukturnya ada yang nambah, yaitu tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang menjadi akses tol menuju Lampung,” katanya.

Disebutkannya, saat ini masyarakat ketika bepergian dari awal perjalanan ke tujuan yang diinginkan sudah sangat mudah, karena tidak harus bertemu dengan kemacet dijalan yang bisa berjam-jam lamanya. Sehingga adanya tol ini mempersingkat waktu tempuh ke wilayah yang masyarakat ingin tuju.

“Sekarang, gak harus perang melawan macet dijalan. Kalau dulu dari daerah Natar ke Bakauheni bisa 4 jam, namun sekarang jadi sangat meringkas waktu hanya menjadi 1,5 – 2 Jam lho. Dulu dari Bakauheni mau ke Terbanggi Besar takut melintas karna jalan rusak, sekarang jadi sangat santai karna melewati tol ini,” tambahnya.

Pada caption pemiliki akun tersebut dikatakan, ucapan terimakasih kali ini tidak hanya tertuju kepada satu pihak, tetapi terimakasih juga kepada seseorang atau beberapa sebagai pencetus adanya tol ini, arsitektur yang telah merancang, pekerja borongan yang telah membangun, dan para pemimpin yang telah meresmikan tol ini.

“Lampung saat ini semakin modern, makanya itu alasan saya bisa betah tinggal disini sampai sekarang,” tutupnya. Untuk informasi mengenai Jalan Tol lainnya ikuti (follow) juga akun media sosial Instagram @BPJT_info, Twitter @BPJT_info, Facebook @BPJTinfo, dan Youtube di BPJT Info. (BPJT/Dms)

SHARE: