Slide 1

Meningkatkan Potensi Bandung Selatan Melalui Jalan Tol Soreang - Pasir Koja


10 Februari 2020 |   Berita/Umum  |   72

Meningkatkan Potensi Bandung Selatan Melalui Jalan Tol Soreang - Pasir Koja

Jakarta - Jalan Tol Soreang-Pasir Koja atau yang akrab disebut Jalan Tol Soroja ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beroperasi sejak tahun 2017 lalu. Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan potensi yang ada di wilayah Bandung Selatan.

Dibangunnya Jalan Tol Soroja bertujuan sebagai aksesibilitas pemerataan perkembangan daerah Bandung bagian Selatan, karena selama ini perkembangan daerah masih bertumpu pada kawasan Bandung Utara.

Kawasan Bandung Selatan juga memiliki potensi yang tidak kalah untuk dikembangkan. Salah satu potensi yang diharapkan dapat mendongkrak perkembangan di wilayah ini adalah kawasan pariwisata di Kabupaten Bandung.

Selama ini bisnis pariwisata di kawasan ini belum dimanfaatkan secara optimal akibat keterbatasan akses dan seringnya terjadi kemacetan di wilayah lokasi wisata. Sehingga kawasan pariwisata di Kabupaten Bandung diharapkan dapat menjadi primadona pariwisata baru di wilayah Bandung.

Terdapat beberapa kawasan wisata yang dapat #SobatBPJT kunjungi bersama teman, saudara, dan keluarg, seperti Bumi Perkemahan Ranca Upas, Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, Situ Patenggang, Perkebunan Teh Malabar, Kebun Teh Rancabali, Bukit Jamur Rancabolang dan Situ Cileunca

Selain potensi kawasan pariwisata, kehadiran Jalan Tol Soroja dapat menjanjikan pertumbuhan pada kawasan permukiman dan industri. Beroperasinya Jalan Tol Soroja akan menjadi urat nadi yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang akan membuka peluang bagi pelaku usaha untuk berinvestasi.

Jalan tol sepanjang 8,15 Km ini menghubungkan kota Bandung dan pusat kabupaten Bandung serta wilayah Soreang dan sekitarnya. Tol ini juga akan menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya yang terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi.

Secara teknis jalan tol ini memiliki 2 seksi, Seksi 1 Pasir Koja - Margaasih (2,75 Km) dan seksi 2 Segmen Margaasih - Katapang (3,3 Km) dan Segmen Katapang – Soreang (2,1 Km).

SHARE: