Slide 1

Kementerian PUPR Terus Berkomitmen Dalam Menjaga Lingkungan


Rabu, 27/03/2019 00:00:00 WIB |   Pembangunan/Pembangunan Jalan Tol  |   29

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyadari pentingnya berkomitmen dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga bisa menciptakan keasrian dan keindahan dengan terus menjaganya bersama.

Salah satu komitmen Kementerian PUPR terhadap kepedulian lingkungan adalah terus berperan aktif dalam menanam pohon di proyek infrastruktur bidang PUPR seperti sungai, waduk, rusun, jalan dan jalan tol. Dalam memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2019 Kementerian PUPR melakukan kegiatan penanaman 160 bibit pohon bungur di Interchange Cigombong 1, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi yang dipimpin oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR Ibu Kartika Basuki, Selasa (26/3).

“Kegiatan penanaman pohon pada Jalan Tol Bogor-Ciawi ini bertujuan untuk memperindah atau beautifikasi terhadap jalan tol, selain itu bertujuan untuk meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Saya titipkan pohon yang ditanam kepada pengelola Jalan Tol Ciawi-Sukabumi untuk dirawat dan terus ditambah penanaman pohon di area-area kosong lainnya," kata Ibu Kartika Basuki

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Bapak Danang Parikesit yang turut hadir pada acara penanaman pohon tersebut mengatakan bahwa penanaman pohon di sepanjang jalan tol berdampak baik untuk meningkatkan perkuatan tanah dan menahan air supaya tidak melimpas.

“Dengan penghijauan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemandangan di jalan tol bagi para pengguna jalan tol yang berkaitan dengan penurunan angka kecelakaan. Ada data yang menyimpulkan bahwa jalan tol yang secara visual kondisinya bagus, risiko kecelakaannya juga semakin rendah." tutur Bapak Danang Parikesit.

Bapak Danang Parikesit juga berharap kepada seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai pengelola jalan tol dapat menjadikan penanaman pohon di sepanjang jalan tol sebagai gerakan yang masif. BUJT juga bisa mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan gerakan ini secara bersama –sama sehingga dalam waktu sekitar dua tahun sepanjang jalan tol memiliki visual yang bagus untuk mengurangi resiko kecelakaan dan juga membantu ketersediaan air di dalam tanah.

Turut hadir dalam acara tersebut  Anggota BPJT Unsur Pemerintahan Kementerian PUPR  Agita Widjajanto, Ketua DWP Kementerian PUPR Erna Danis Sumadilaga, Ketua Rukun Ibu Waskita Gusti Ayu Raka Putra, Direktur Utama PT Waskita Toll Road, Direktur Utama Trans Jabar Tol, serta anak-anak dari SD 02 Cigombong. (VL)

SHARE: