Slide 1

Keindahan Jembatan Kalikuto di Malam Hari


15 Februari 2020 |   Berita/Umum  |   77

Keindahan Jembatan Kalikuto di Malam Hari

Jakarta - Jembatan Kalikuto merupakan ikon baru yang terdapat pada ruas Jalan Tol Semarang – Batang. Jembatan yang membentang berwarna merah ini menghubungkan dua kabupaten yakni Batang dan Kendal.

Jembatan Kalikuto yang membentang pada salah satu ruas Tol Trans Jawa ini, memberikan nilai keindahan di setiap sisi jembatan terlihat dengan dihiasi lampu yang cukup terang di malam hari.

Jembatan Kalikuto ini dirancang bukan hanya dengan pondasi yang kokoh secara strukturnya, namun juga terlihat kokoh dari sisi estetik dan artistik sehingga semakin indah dilihat.

Jembatan Kalikuto merupakan jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya dirakit di lokasi pemasangan. Kemudian pemasangan setiap bagian jembatannya dilakukan secara bertahap mulai dari segmen 1 dan seterusnya hingga 12 segmen.

Jembatan yang dibangun sepanjang 100 meter ini memiliki dua jembatan di sampingnya dengan masing-masing berukuran 32,3 meter. Tinggi pelengkung bentang utama ±30 meter (dari top level aspal ke CG arch).

Terbangunnya Jalan Tol Trans Jawa telah memberikan peran penting dan manfaat besar dalam mendukung kelancaran berkendara seluruh masyarakat di Pulau Jawa khususnya dalam memangkas waktu tempuh berkendara yang semakin lebih cepat.

Jalan Tol Trans Jawa secara keseluruhan akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.151 Km, dan saat ini telah beroperasi sepanjang 965 Km, menyusul ruas tol Pasuruan Probolinggo Seksi IV (13,70 Km) dan jalan tol Probolinggo – Banyuwangi (173 Km) yang seluruhnya dalam tahap penyelesaian hingga tahun 2024 mendatang.

Secara teknis, Jalan Tol Semarang - Batang sendiri memiliki panjang 75 km terbagi menjadi 5 seksi. Untuk Seksi 1 Batang-Tulis sepanjang 3,2 Km, Seksi 2 Tulis-Weleri 36,4 Km, Seksi 3 Weleri-Kendal 11,05 Km. Kemudian Seksi 4 Kendal-Kaliwungu 13,5 Km dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak 10,1 Km. (BPJT/Dms)

SHARE: