Slide 1

Jelang Libur NATARU, 6 Ruas Tol Siap Melayani Pengguna Jalan Tol


10 Desember 2019 |   Berita/Umum  |   202

Jelang Libur NATARU, 6 Ruas Tol Siap Melayani Pengguna Jalan Tol

Menyambut libur Natal dan Tahun Baru (NATARU) Badan Pengatur Jalan Tol bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyiapkan sejumlah pelayanan guna mengantisipasi potensi kepadatan yang akan terjadi di sejumlah ruas jalan tol.

Puncak arus libur Natal tahun ini diprediksi terjadi di H-5, sedangkan arus balik libur tahun baru terjadi H+7. Untuk mengantisipasi arus libur Natal dan Tahun Baru 2020 tersebut, 6 ruas jalan tol beroperasi yang dikelola ASTRA Infra, yaitu ruas Jalan Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto dan Kunciran-Serpong dipastikan siap digunakan masyarakat.

ASTRA Infra selaku Badan Usaha Jalan Tol telah menyiapkan berbagai layanan operasional, fasilitas pendukung layanan, dan berbagai pusat diseminasi informasi.

“Untuk para pengguna jalan tol untuk tetap merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru 2020 ini dengan bijaksana. Selain kesiapan kendaraan yang akan digunakan, pengaturan jadwal keberangkatan dan rencana kembalinya perlu diatur menghindari penumpukan di tempat dan waktu yang sama.” Ucap CEO Bisnis Grup Jalan Tol ASTRA Infra pada Media Gathering, Senin (9/12/19).

Di aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik. Hal yang sama di aspek keamanan berkendaraan. Kesiapan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Untuk memastikan kenyamanan berkendaraan, kesiapan kondisi main road yang semakin lebar dan bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difable, masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

Koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah dilakukan untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Berbagai rekayasa lalu lintas telah disiapkan mengantisipasi kondisi-kondisi khusus di lapangan.

Optimalisasi gardu transaksi melalui menambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang.

Bagi pengguna jalan tol yang ingin memperoleh update informasi terkini di jalan tol, tersedia berbagai informasi yang memungkinkan diperoleh melalui social media (twitter, instagram) maupun peralatan VMS (Variable Message Sign) yang terpasang di beberapa lokasi jalan tol. Petugas sentra komunikasi akan siaga dan informatif melayani pengguna jalan tol selama 24 jam.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa diharapkan kepada pengguna jalan agar tetap selalu waspada, periksa kondisi kendaraan dan fisik agar tetap selalu prima. Perhatikan juga rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan.

Masyarakat dihimbau untuk senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan petugas menyesuaikan dinamika kondisi dan situasi lalu lintas di lapangan. Pastikan pengemudi dan penumpangnya dalam kondisi sehat dan segar, beristirahat secukupnya, serta pelengkapan kendaraan liburan yang memadai, tambah Kepala BPJT Danang Parikesit.

SHARE: