Slide 1

Jalan Tol Fungsional Brebes – Weleri Dibuka H-10 Lebaran 2017


Selasa, 13/06/2017 00:00:00 WIB | Berita/Umum

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka ruas jalan tol fungsional untuk dilalui pemudik dari Brebes hingga Weleri sepanjang 116 km pada H-10 lebaran tahun ini.

Ruas jalan tol dibagi menjadi tiga yakni ruas tol Pejagan-Pemalang mulai dari Brebes Timur-Pemalang sepanjang 37,3 km dan ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km. Untuk memastikan jalan tol tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan langsung hingga malam hari untuk memastikan kelayakan jalan apabila dilalui pemudik pada malam hari.  

Kondisi jalan tol sepanjang ruas tersebut sudah cukup baik walaupun masih dalam tahap perkerasan beton tipis (lean concrete). Basuki menghimbau agar pemudik untuk memacu kendaraannya dengan aman pada kecepatan rata-rata 40 km per jam.

Dia meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menambah lampu penerangan jalan pada waktu malam dan reflektor lampu mobil agar lebih aman. Selain itu, juga penanda arah keluar/masuk tol. "Untuk jalanan yang masih berdebu akan segera dibersihkan dan seluruh pekerjaan konstruksi akan dihentikan pada H-10 Lebaran," tambah Basuki.

Pada ruas tol ini sedang diselesaikan pembangunan Jembatan Kali Sambung yang menjadi titik kritis yang kini dalam tahap penyelesaian lantai jembatan. Ditargetkan pada Selasa (13/6) sudah selesai dilakukan pengecoran dengan metode fasttrack dengan aditif yang akan membuat beton lebih cepat kering dalam waktu tiga hari dibanding biasanya dua minggu. Ditargetkan bisa dilewati pada H-10 Lebaran atau tanggal 16 Juni 2017.

Untuk di ruas Tol Batang-Semarang yang fungsional disiapkan empat tempat istirahat sementara (TIS) diantaranya, TIS Juragan, Gondang, Ketanggan dan Plelen.

Secara keseluruhan pada ruas tol fungsional Pejagan (Kaligangsa) hingga Gringsing (Weleri) berjarak 116 KM akan disediakan 8 TIS dilengkapi dengan musholla, toilet, parkir dan warung kecil untuk makan minum.

Sumber: http://www.pu.go.id/

SHARE: