Slide 1

Gerbang Tol Salatiga di Jalan Tol Semarang - Solo Berlatarkan Pemandangan Indah Gunung Merbabu


29 Juli 2020 |   Berita/Umum  |   57

Gerbang Tol Salatiga di Jalan Tol Semarang - Solo Berlatarkan Pemandangan Indah Gunung Merbabu

Jakarta - Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa mulai dari kekayaan alam seperti gunung, laut, hingga kekayaan budaya yang tersimpan di setiap daerahnya dari Sabang hingga Merauke. Dari sisi infrastruktur Jalan Tol, juga disuguhkan pemandangan indah yang dirasa menjadi salah satu daya tarik untuk masyarakat dapat menikmatinya selama di perjalanan.

Salah satunya dapat dinikmati melalui Gerbang Tol dengan pemandangan indah yaitu Gerbang Tol Salatiga yang ada di Jalan Tol Semarang - Solo dengan latar belakang Gunung Merbabu. Ramai menjadi perbincangan publik di dunia maya, Gerbang Tol yang ada di salah satu ruas Jalan Tol Trans Jawa ini mirip salah satu pemandangan entrance highway di Gotthard - Swiss. 

Jalan Tol yang dijuluki sebagai Panoramic Toll Road ini menyuguhkan pemandangan indah mulai dari lereng bukit, pegunungan, area persawahan yang dapat melepas lelah sekaligus penat bagi para pengendara yang melintas sekaligus menikmati udara segar.

Jalan Tol Semarang-Solo diresmikan Presiden Joko Widodo dan beroperasi penuh pada tahun 2017 ini menghubungkan kota Semarang dan Solo. Kehadiran Jalan Tol ini memiliki arti penting sebagai aksesibilitas penopang perekonomian di daerah yang dilintasi seperti Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo dan Solo.

Jalan Tol Semarang - Solo juga memiliki peran penting bagi masyarakat dalam rangka memperkuat konektivitas mendukung potensi pengembangan wilayah, khususnya untuk peningkatan kelancaran arus barang dan jasa.

Kehadiran Tol ini juga sebagai akses pendukung pariwisata alam yang ada di sekitar Jalan Tol Trans Jawa hingga sekaligus dapat menikmati wisata kuliner yang disuguhkan dimasing-masing daerahnya khususnya di Kota Semarang hingga Kota Solo.

Keindahan panorama Gerbang Tol berlatarkan pemandangan Gunung juga dapat ditemukan seperti di Gerbang Tol Lawang dengan pemandangan Gunung Arjuno yang ada pada Jalan Tol Pandaan – Malang di Jawa Timur.

Jalan Tol Semarang - Solo memiliki total panjang 72,64 Km yang terbagi menjadi lima seksi. Seksi I yakni Semarang-Ungaran (10,85 Km), Seksi II Ungaran-Bawen (11,99 Km), Seksi III Bawen-Salatiga 17,6 Km, Seksi IV Salatiga-Boyolali 24,5 Km, dan Seksi V Boyolali-Kartasura 7,74 Km. (BPJT/Dms)

SHARE: